Skip to main content

Video Baru di YouTube channel-nya Cantik Selamanya #newvideoalert

Sudah lama gak nulis blog, hari ini aku baru saja upload video lanjutan dari video nasihat buat yang mau menikah. Supaya pernikahannya langgeng dan bahagia. Mau, 'kan ? Banyak orang yang menikah tetapi tidak mesra hubungannya dengan pasangan. Masing-masing sibuk dengan kehidupannya sendiri-sendiri. Padahal, menikah itu menyatukan dua orang dalam satu hubungan yang erat, ada ketergantungan satu sama lain. Dua jadi satu. I need you, like you need me. Gitu. Kalau orang menikah 'kan inginnya bahagia, awet selamanya, hingga maut memisahkan. Kalau menikah tetapi dingin satu sama lain. Tidak ada kangen lagi. Kepinginnya ketemu teman-teman yang asik itu. Siapa yang mau tinggal dalam pernikahan seperti itu? Nah, kalau video yang sebelumnya bisa dilihat dengan klik di sini , video lanjutannya bisa dilihat dibawah ini.. Sok, atuh, di tonton.. Jangan lupa SUBSCRIBE , ya... lalu share, mungkin ada yang perlu nasihat supaya mantap langkahnya untuk menikah. Take care! 

Cupang-cupangku yang cantik

Hey kamu.. apa kabar? 

Kemarin asam lambungku naik, jadi aku banyakin istirahat sambil ngurusin cupang-cupangku yang lucu. 

Aku punya ikan cupang, lho.. sejak bulan Agustus yang lalu, selain 4 ekor ikan patin, seekor ikan sapu dan kura-kura dikolam ikan kecil rumahku. Aku sudah coba untuk potret cupangku, tapi susah banget dapetin angle yang bagus. Sabar, ya, nanti aku pasti share foto-foto mereka. Cantik-cantik banget! 

Ikan cupang atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan betta fish ini sekarang sudah dibudidayakan sehingga menjadi ikan hias yang cantik untuk dipandang-pandang sambil santai di rumah.

Dulu, 'kan, aku tauknya, ikan cupang itu ikan aduan. Teman-teman lelaki di masa kecilku senang turun ke got atau selokan (jaman aku kecil, air gotnya masih jernih, dong) untuk mencari ncu atau bakal nyamuk untuk memberi makan cupang.

Belakangan aku dengar ternyata di got itu juga dulunya ikan cupang tinggal.

Ikan cupang itu asli Indonesia, tetapi sekarang sudah mendunia. Aku lihat banyak YouTuber asing yang sharing tentang betta fish peliharaan mereka. Bangga, deh.

Ikan Indonesia ini gampang dipeliharanya. Dan gak harus makan ncu juga karena orang sudah bikin pelet khusus buat cupang. Murah pula. Aku beli yang harganya sepuluh ribu rupiah di tukang ikan dekat rumahku, dan cupang-cupangku senang.

Yang penting rajin ganti airnya supaya ikannya sehat, ada sinar matahari tapi teduh, dan jangan kena hujan karena bisa mati.

Dengan adanya budidaya cupang, ikan ini sekarang gak cuma jadi ikan aduan mainan anak lelaki. Tetapi juga sudah menjadi ikan hias yang harganya bisa sampai satu juta rupiah!

Aku pernah punya yang harganya empat ratus ribu rupiah tapi akhirnya mati karena salah perawatan. Sedih banget. Aku benar-benar terpukul waktu cupang berikutnya juga mati saat kujemur di teras depan rumah.

Saat itu matahari bersinar lebih terang dari biasanya, setelah beberapa hari agak mendung meski tanpa hujan. Saat aku memeriksa cupangku yang berwarna merah itu, cupang lucu yang kusayang, aku heran kok dia diam saja sambil kepalanya mengarah ke bawah, ternyata dia sudah mati!
Aku sedih banget!

Baru setelah itu aku mengerti bahwa cupang ini gak boleh terlalu banyak kena sinar matahari dan hujan. Aku pikir itu ikan comberan, pasti gampang hidup di kondisi apa saja. Ternyata nggak, lho.

Mereka perlu sinar matahari yang bikin warna mereka cerah, tapi harus teduh supaya mereka tetap bisa bernafas dengan nyaman. Gak perlu pompa untuk membuat gelembung. Cukup taruh di toples dan ganti airnya dua hari sekali. Sesekali traktir mereka dengan hidangan kutu air hidup yang menyehatkan buat mereka.

Aku sudah coba untuk pelihara kutu airnya supaya cupang-cupangku bisa makan kutu air setiap hari. Tapi sampai sekarang masih gagal.  Jadi seminggu sekali aku pesan kutir (kutu air) dari Becis Cupang, penjual cupang di Depok yang jualan di Tokopedia. Kamu bisa lihat koleksi cupangnya di Instagram mereka. Cantik-cantik, deh!

Yuk, pelihara cupang. Cantik dan it's relaxing!

Enjoy your weekend, yaaa...! 

Popular posts from this blog

Selimut Hati (by Dewa 19)

Suka Dewa 19 ? Aku suka lagu-lagunya. No offence but aku gak suka kasarnya Ahmad Dani . Siapa, sih , yang suka..? He he he.. Tapi, aku suka lagu-lagunya. Well, don ' t judge the book by its cover , right ? Aku juga suka suaranya Once . Nice voice . Salah satu lagu yang aku suka adalah Selimut Hati . " Aku.. kan menjadi malam-malammu.. kan menjadi mimpi-mimpimu.." Very nice . Lagunya bikin ngelamun . Lembut dan meyakinkan. Meyakinkan, bahwa yang menyanyikan lagu ini bener-bener ngerti perasaan kekasih hatinya. So sweet ... Dia bener-bener pengen menyenangkan hati kekasihnya, waktu bilang , " Aku bisa untuk menjadi apa yang kau minta .." Tapi dia juga minta pengertian bahwa dia gak bisa seperti kekasih lama yang mungkin masih terkenang-kenang... Ah ... so dearly ... Wouldn't it be nice kalau ada orang yang berlaku begitu untuk kita? Dengan lembut mengungkapkan rasa sayangnya tanpa terdengar menjadi murahan... Tanpa menjadi gombal .. kain bekas buat lap l

Waktunya Berasuransi? [Bagian I]

"Sedia Payung Sebelum Hujan, Sedia Asuransi Sebelum Bencana" [Dian Manginta, tentang HARAPAN AKAN MASA DEPAN] "Belum lepas dari masalah itu, suaminya, tahun lalu kena stroke dan berlanjut pada timbulnya gejala parkinson. Dari bulan September hingga saat ini, setiap bulan dia harus membelanjakan uangnya untuk membeli obat sebesar 20 juta per bulan, di luar biaya rumah sakit. Beruntung suaminya memiliki asuransi dan penggantian pengobatan yang cukup memadai sehingga tidak perlu jatuh bangkrut karenanya. Adik saya yang lain setiap tahun harus mengeluarkan biaya sekitar 200 juta pertahun untuk 4 kali perawatan rumah sakit dengan rata-rata lama perawatan sekitar 10 hari..." Begitulah petikan seorang saudara kita, sebut saja namanya Lekir, di suatu milist . Ia menuturkan tentang pengalaman keluarganya menghadapi "bencana kesehatan". Ratusan juta biaya tiba-tiba harus dikerahkan, karena bencana tersebut datang tanpa diundang. Untung, ada asuransi yang memberikan

Video Baru di YouTube channel-nya Cantik Selamanya #newvideoalert

Sudah lama gak nulis blog, hari ini aku baru saja upload video lanjutan dari video nasihat buat yang mau menikah. Supaya pernikahannya langgeng dan bahagia. Mau, 'kan ? Banyak orang yang menikah tetapi tidak mesra hubungannya dengan pasangan. Masing-masing sibuk dengan kehidupannya sendiri-sendiri. Padahal, menikah itu menyatukan dua orang dalam satu hubungan yang erat, ada ketergantungan satu sama lain. Dua jadi satu. I need you, like you need me. Gitu. Kalau orang menikah 'kan inginnya bahagia, awet selamanya, hingga maut memisahkan. Kalau menikah tetapi dingin satu sama lain. Tidak ada kangen lagi. Kepinginnya ketemu teman-teman yang asik itu. Siapa yang mau tinggal dalam pernikahan seperti itu? Nah, kalau video yang sebelumnya bisa dilihat dengan klik di sini , video lanjutannya bisa dilihat dibawah ini.. Sok, atuh, di tonton.. Jangan lupa SUBSCRIBE , ya... lalu share, mungkin ada yang perlu nasihat supaya mantap langkahnya untuk menikah. Take care!