Mar 1, 2009

Bali 2009 – Garuda Wisnu Kencana Cultural Park


Waktu di Bali awal tahun 2009 ini, salah satu tempat wisata yang kami kunjungi adalah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK. Dalam bahasa Inggris Garuda Wisnu Kencana Cultural Park.

GWK ini adalah suatu arena yang dimaksudkan untuk menjadi landmark-nya Indonesia. Di sini sedang dibangun patung tertinggi di dunia, ya patung Garuda Wisnu Kencana itu tadi. Patung ini, jelas nggak bakalan dicuri negara tetangga :D.

Patung Wisnu menunggang Garuda yang dimaksud menjadi suatu monumen karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Menurut catatan di Wikipedia, patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. It's BIG!

Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty. Taller than Libery statue.. Ok, dong!







Waktu kami berkunjung ke sana, ketiga patung itu masih terpisah. Saking luasnya tempat wisata itu, kami hanya sempat mendekati patung Garuda dan Wisnu. Sedangkan patung Kencananya hanya kami lihat dari mobil ketika kami meninggalkan lokasi. Gak sempet bikin photo sessions - oh shooo :(.

Arenanya luas banget. Dengan tembok-tembok tebing yang tinggi sehingga buat photo sessions bisa bikin hasil yang dramatis. Aku senang sempat bikin banyak nice pictures di sana. Buat yang suka photography, kalau ke Bali sebaiknya spend time di sini. Seru, lah.






Menurut guide yang mengantar kami, di taman wisata ini akan dibangun berbagai fasilitas budaya seperti ruang pertemuan, ruang perpustakaan dan sebagainya. Namanya juga “landmark”.. Enjoy this place and you will see that Bali is not only about beach.. I am proud of Bali.

1 comment:

  1. nice view..
    kmren pas ke Bali jg ks
    GWK..
    gak ada matinya dech..
    coba jg k Dreamland..
    that is beautiful beach..

    ReplyDelete

Kasih komentar, ya, supaya aku punya input yang bisa aku kembangkan untuk artikel aku selanjutnya. Menambah wawasan aku juga, kan? Terima kasih sebelumnya, loh!