Mar 10, 2009

Mashed Potato a la Vivi

Mashed Potato, Vivi's recipe for you - Bisa jadi gantinya nasi! Hari Sabtu kemarin aku masak Mashed Potato. Aku dapet resepnya dari Vivi.

Masak mashed potato itu gampang banget. Bisa jadi alternatifnya nasi lagi, jadi aku saranin bikin mashed potato kalo ingin dapet taste baru di masakan yang sudah biasa dibuat.

Kentang sekilo dikupas kulitnya, terus direbus. Sementara itu, siapkan susu segar dan butter sesuai selera. Setelah kentang menjadi empuk sekali, hancurkan dengan menggunakan centong kayu biar pancinya tidak rusak. Bahasa Indonesia-nya centong apa, ya? Lihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia kaleee...

...Anyway, sambil menghancurkan kentang, masukkan butter sesuai selera. Butter-nya akan meleleh dan bercampur dengan kentangnya. Sesudah butter tercampur, tambahkan susu. Terus, diaduk sampai rata. Hmm... aku suka harumnya :)!

Nah, waktu masak kentang, aku lupa kupas kulitnya.. Baru nyadarnya setelah airnya mendidih. Aku cepet-cepet angkat dan keluarin kentangnya dari panci. Tunggu sampe dingin lalu aku kupas itu kentang. Eh, ternyata malah jadi gampang ngupasnya!

Setelah kentang terkupas, aku ambil sepanci air. Baru kemudian aku masukkan lagi kentang yang sudah dikupas itu dan rebus lagi sampe mendidih. Lagi-lagi, aku menemukan rahasia baru: kentang dipotong-potong dulu baru direbus, biar cepet matang. Jadi sementara direbus, aku potong-potong kentang-kentang itu untuk mempercepat proses memasak.

Caution nih, kata Vivi, Mashed potato is fattening but some people would add cheese as they like it. Gurih, kayak martabak kali ya? Biar tambah sip, dimakannya pake rebusan wortel, buncis, atau selada.

Tapi mashed potato bisa dijadikan sebagai pengganti nasi juga, loh. Kemarin adik aku makan mashed potato-nya pake Soto Daging masakan ibuku. Enak, kata adikku. Inspiring, isn't it?...




1 comment:

  1. saran sedikit nih, supaya mempermudah pengadukan kentang, mentega/butter dan susu segar, ada alat untuk menghancurkan kentang biar halus. coba deh dicari di supermarket, siapa tau ada, jadi bisa mempermudah dalam proses pengadukan kentang, mentega/butter n susu segar tadi. tapi kalau nggak ada, bisa pakai alat apa aja kok. kalau mau tambah cream cheese juga bisa, tapi karena biasanya kentang dimakan dengan lauk yang sudah gurih sekali,nggak pake keju juga ok tuh. kalau mau dimakan dengan salad, monggo lho. sayurannya terserah aja. bisa pake campuran selada, paprika, ketimun, tomat, bawang bombay (kalau suka)...semuanya dipotong2 sesuai selera, lalu tambahkan sedikit dressing (bisa italian atau french dressing). masukkan dressing nya sedikit aja, lalu sayurnya diaduk2 di dalam mangkuk salad. jadi deh! kalo gak punya dressing atau saus yang lain, wortel dan buncis rebus juga ok. oh ya, selain dengan soto daging, mashed potatoes bisa dipadukan dengan lauk yang lain loh, misalnya dimakan dengan rendang atau semur daging yang kuahnya kental...hmmm...yuum..

    ReplyDelete

Kasih komentar, ya, supaya aku punya input yang bisa aku kembangkan untuk artikel aku selanjutnya. Menambah wawasan aku juga, kan? Terima kasih sebelumnya, loh!