Apr 3, 2009

Bali - The Best Vacation Island in Asia

Lihat tips perjalanan ke Bali dari Dian Manginta di situs Facebook 'Cantik Selamanya'Aku baru liat-liat lagi foto-foto cuti akhir tahun kemarin di Bali. Tauk, gak? Bali is the best vacation island in Asia! Aku setuju banget!

Bali is not only about beaches. Di Bali, mau ke pantai, mau ke gunung, mau ke lembah... Everywhere is beautiful.

Well, sebenernya, semua tempat di Indonesia, sih, memang begitu. Cuma Bali sudah lebih matang infrastrukturnya. Orang-orangnya. Kreativitasnya. Bikin pulau itu jadi tempat wisata 366 days per year.

Penduduk Bali, semua sudah mengerti artinya pariwisata. Mereka sudah paham benar bagiamana menyikapi keberadaan wisatawan di pulau mereka. Dan tahu sekali apa yang para wisatawan itu inginkan dari sebuah tempat pariwisata.

Maka di Bali, semua penginapannya, baik yang kelas inn atau pun hotel bintang berapa aja, pasti menyediakan service yang excellent. Bedanya tentu saja adalah di fasilitas. Kalau di kelas inn (yaitu penginapan yang lebih berfungsi sebagai semacam tempat perberhentian) paling-paling kita dapet kamar dengan kamar mandi yang dilengkapi air hangat plus breakfast
barupa toast. Kalau di hotel berbintang lima, ya ada kolam renang, ada sauna.. You know.. all that luxury.

Semua Hotel Bagus

Lihat juga tips perjalananku di Bali
Di Bali, aku sudah merasakan nginep di inn, di cottage, di hotel bintang kecil maupun bintang banyak. Semuanya excellent.
They keep all the rooms clean in every single day. Petugas juga ramah tamah. You really don’t have to worry about sanity di sana.

Aku pernah baca suatu tempat di luar negeri sana yang para wisatawannya dianjurkan untuk hati-hati dengan toilet. Hah?! Di Bali, you don’t have to worry. It’s just nice there.

Pantainya macem-macem. Ada yang tenang cocok untuk berenang seperti di Jimbaran. Ada juga yang berombak cocok untuk surfing seperti di Seminyak. Ada tempat diving, ada tempat snorkling.. Ada juga wisata cruising, loh!

Kalau ke gunung, ada hash, jalan-jalan lintas alam, melewati desa, lembah, hutan.. sambil menikmati keindahan pulau Bali. Boleh juga mencoba outbound di Bedugul. Very nice and very BIG. Bukan seperti banyak tempat outbound di sekitar Jakarta lah ya... :) 

Tempat hiburan pun terus bertambah. Dan bagi shoppacholic seperti akyu.. Ada Discovery Mall di pantai Kuta, di kawasan yang sekarang dinamai Ocean 27; sedang di Seminyak, ada butik lokal yang menyediakan barang-barang bermutu internasional.

You just don’t get bored with Bali. Pasti kepengen lagi, lagi, lagi...