May 29, 2009

Write your ideas


Sapa dunia dengan tulisan
Sudah menyapa dunia lewat tulisan?


I started writing a long time ago. More than ten years now. Waktu itu melalui e-mail, dalam bahasa Inggris. Tujuannya, pertama untuk improving my English. Untuk latihan. Ala bisa karena biasa, ‘kan?

Tujuan kedua adalah untuk letting the world that an Indonesian "can" have thoughts. Supaya mereka jangan berpikir bahwa kita bangsa yang terbelakang, gak ngerti apa-apa. Ancient, gitu, loh. Aku gak suka, karena yang terbayang di kepala aku tentang manusia ancient (whom we are not!) adalah orang-orang dengan pengetahuan sangat sedikit, dengan matanya yang hampir kosong karena bodoh. Uh! That's not us!

Supaya Kita Dihormati
Dengan mengetahui bahwa di Indonesia ada orang-orang berpendidikan yang punya visi, tentu mereka akan lebih menghormati kita. Apa lagi saat itu, kebiasaan mengekspresikan ide bukanlah kebiasaan yang aman. Katanya, banyak orang hilang karena bicara di negeri ini. Waktu itu.

Tapi itu ‘kan dulu. Sekarang kita sudah merdeka. Eh, maksudnya, sekarang kita sudah memiliki kebebasan untuk mengutarakan pendapat. Sudah boleh demo. Sudah boleh bilang gak setuju. Sudah boleh mengkritik. Para pemimpin kita pun sudah harus belajar untuk menerima kritik. So, isnt it a good time to start expressing your thoughts?

Tangkap Ide
Cara yang paling gampang barangkali adalah ngerumpi. Ngobrol, maksudnya. Tapi kita ‘kan nggak ngobrol setiap hari. Atau if we do ngobrol setiap hari, tapi 'kan waktunya gak lama. Biasanya during lunch time. Atau kalau 'gak kerja, ya saat ketemuan dengan teman-teman. Sedangkan ide bisa muncul kapan aja. Kalau sudah begitu, yang terbaik adalah mencatat ide itu.

Di diary, atau di komputer desktop/laptop/notebook, ide bisa kita rekam. Kenapa? Karena ide itu anugrah Tuhan. Take note of it untuk di-followed up kemudian. Mungkin saat ketemu dengan teman-teman bisa di-shared. Atau kalau ada hubungannya dengan benda, ya saat benda yang ada dalam ide itu ditemukan, maka ide pun bisa diimplementasikan.

Yang paling bagus dengan menuliskan ide kita adalah kita melatih otak kita untuk berpikir secara teratur. Ketika ide itu masih merupakan gambaran-gambaran di kepala kita, mungkin kita gak menyadari betapa bagusnya ide itu.

TTapi ketika kita mulai share, barulah kita merasakan the excitement of having ideas. Nah, kalau di-shared dalam bentuk tulisan, maka kita akan memaksa otak kita untuk mengeluarkan ide itu secara sistematis supaya orang lain bisa menangkap maksud kita dari tulisan kita. Dengan cara itu, kita mengembangkan kemampuan berfikir, analisa, dan mentransfer ide. Jadi pinter, deh.

Mau pinter, ‘kan? Write your ideas.





Yuk, gabung?