Mar 23, 2009

Eye Shadow

Aku paling suka main-main dengan eye shadow, karena eye shadow bikin mata yang tadinya "kurang hidup" jadi keliatan lebih cerah. Eh, eye shadow juga sudah dibahas di Wikipedia loh.

Sejak kecil aku sudah suka belajar make up, karena ibu aku memang suka dandan waktu mudanya dulu. Sayang sekarang dia males. Lagian aku suka gambar. Hobi gambar ini, sih, runs in the family.

Celebrate your beauty now!Main-main dengan eye shadow gak susah, kok. Karena sudah ada pakemnya.

Yang paling perlu diingat adalah posisi mata terhadap hidung. Ada yang jaraknya agak dekat, ada yang jauh. Kalau soal besar kecil mata, sih, gak jadi soal. Tapi besar kecil kelopak memang agak mempengaruhi tingkat kesukarannya. Karena, kelopak yang besar 'kan bikin kita punya area yang besar buat diwarnai. Kalau kelopaknya kecil, ya, main-main dengan eye shadow-nya juga harus agak hati-hati biar gak belepotan.

Kalau mata agak dekat ke hidung, sebaiknya gunakan eye shadow yang berwarna terang in between eyes and nose. Tapi kalau mata agak jauh dari hidung, gunakan eye shadow yang gelap di antara mata dan hidung itu.

Selain eye shadow, yang penting untuk dipake juga adalah eye liner.

Actually, eye liner ini dipakenya duluan sebelum eye shadow. Kalau matanya agak besar seperti aku, eye liner di bawah mata gak usah terlalu tebal. Tipis aja. Karena kalau kebanyakan bisa jadi menor banget.

Kalau kelopak matanya besar, bisa main-main dengan banyak warna. Kelopak mata bisa dibingkai dengan warna gelap di sudut luarnya, ditarik menipis ke arah atas-menuju ke tengah kelopak. Lalu di atas eye liner diberikan warna yang agak muda, sesuaikan dengan warna baju. Warna ini bisa ditarik terus sampai ke daerah kelopak di dekat alis, sehingga warna gelap yang tadi ditarik dari sudut mata itu berada di antara warna terang ini.

Bisa juga warna terang di bagian atas kelopak mata diganti warna lain. Ini kalau pake baju yang agak banyak warnanya. Dipadankan dengan warna terang yang paling menonjol dari pakaian yang akan dikenakan.

Kalau pake baju yang agak gelap, bisa pake warna senada yang gelap juga di kelopak mata. Even kalau mata sipit, pun, model pemasangan eye shadow yang seperti ini paling gampang diaplikasikan. Nantinya, di atas kelopak (di bawah alis) tinggal kasih warna cerah yang agak lembut, yang sepadan dengan warna pakaian kita.

Nah, terakhir, alis. Ini juga harus digambar biar rapih. Kalau alisnya sudah tebal, make sure sudah dibentuk dengan rapih juga. Jangan dibotakin. If your alis cuma sedikit, juga jangan dibotakin. Rapihin aja pinggirannya pake kerokan alis. Banyak, kok, di department store.

Biar hasilnya rapih, rajin-rajinlah latihan di rumah. Kaloudah biasa, jadi gampang, kok.

Eh, jangan lupa untuk selalu memakai eye cream agar mata terawat, gak cepet keriput. Seperti mataku :(. Rumus memerangi keriput di daerah mata juga bisa dijalankan dengan selalu memakai sun-glasses kalo sedang ada di luar ruangan, di siang hari.


Waktu liburan ke Bali... klik untuk ke artikelnya.