Apr 2, 2009

Bikin Blog, Yook!

I am happy now. Some friends have become interested in blogging.

Ada juga yang memang sudah lama punya blog, namun baru sekarang terdorong untuk promoting their blogs. Gitu, deh, biar orang tahu dia punya blog.

Iya, dong.. Kalau sudah capek-capek dibikin, tapi gak ada yang liat. Percuma, kale. Akhirnya nanti kita jadi discouraged sendiri.

Padahal blogging ini adalah sarana kita mengasah otak dengan sharing our knowledge. Karena ketika kita berbagi, kita memaksa otak kita untuk mengingat sesuatu. Kemudian melatih otak kita juga untuk menyampaikan ide kita. Dengan cara kita.

Kalau mau mulai blogging, jangan khawatir dengan kemampuan menulis. Just start. Yang penting, inget: posting-nya jangan panjang-panjang. Jangan nyaingin koran.

Sekarang orang juga mulai rame ngomongin soal dapet uang dari blogging. Aku kasih tauk, ya. Dapet uang dari blogging itu maksudnya dapet uang dari iklan yang dipasang di-blog kita. Pembaca blog kita harus click di iklan kita.

Di Blogger.com, ada formulirnya untuk pemasangan iklan. Kita bikin agreement dengan Google (pemilik Blogger.com) yang mengijinkan mereka memasang iklan di blog kita. For your information, posting kita gak boleh mengarahkan pembaca untuk click di iklan itu. Jadi, mereka harus tertarik sendiri. Dengan kata lain, kita gak usah bother about the ad.

Jadi... kalau kata aku, kalau mau nge-blog, ya nge-blog aja. Gak usah mikirin dapetin uang dari ad. Pasang aja iklannya. Tapi gak usah dipikirin. Sehingga kalau tauk-tauk nanti ada uang sedikit masuk dari iklan, nah, itu namanya rejeki. Fun, kan?

So.. why wait? Start your blog now and enjoy it!