Jun 14, 2009

Mampir Ke Pulau Sikuai Dengan Google Earth

Klik di sini untuk melihat artikel tentang Pulau Sikuai, Sumatera Barat di CANTIK SELAMANYA

Sebelum bisa menikmati indahnya Sikuai dengan mata kepala sendiri, Google Earth bisa mengantar kita berkeliling pulau ini secara virtual.

Google Earth adalah aplikasi peta, yang tidak hanya menampilkan visualisasi permukaan bumi dalam media dua dimensi. Google Earth juga mengkoleksi banyak geografis, seperti peta kota, photo area (termasuk bangunan), dan lainnya.

Klik di sini, untuk melihat ratusan koleksi visualisasi geografis yang bisa dilihat di Google Earth - mulai dari gedung, area gempa bumi, sampai dinamika niaga di suatu daerah. Para pengguna pun diberikan kebebasan untuk menambahkan informasi, baik berupa penamaan maupun koleksi foto tentang suatu daerah.

Sebelumnya, aku hanya bisa membayangkan cerita Tika tentang New Sikuai Island Resort, tempat dia menginap. Dari dalam resort itu, tinggal buka pintu maka pemandangan super indah pantai langsung "dihidangkan" ke kita. Sedap :).

Nah, lewat Google Earth, aku bisa melihat sendiri bagaimana lokasi resort berdiri di Pulau Sikuai sekaligus mendapat gambaran pemandangan yang bisa dilihat dari tempat-tempat penginapan. Rasanya cukup menyenangkan manakala melihat bahwa saat ini pepohonan di Pulau Sikuai masih terjaga dengan baik. Industri pariwisata jangan sampai merusak alam, ya?

Yuk, Promosi Indonesia Via Google Earth!
Kebetulan, di Google ada beberapa orang yang sudah meninggalkan hyperlink informasi tentang Pulau Sikuai yang mereka miliki. Ini bagus sekali, karena bisa membuka minat orang untuk datang berkunjung ke Pulau Sikaui.

Rasa bersyukur karena punya negeri bagus (dan dapat rezeki sehingga bisa melihat langsung) bisa lebih mudah diekspresikan lewat Google Earth. Lewat aplikasi ini, kita sebagai warga negara bisa membantu sesama saudara sebangsa mempromosikan potensi pariwisata Indonesia ke manca negara. Gak musti nunggu pemerintah terus, dong?

Kalau tertarik untuk menggunakan Google Earth, download saja lewat halaman ini. Pertama-tama, kita harus mendownload Google Updater yang ukurannya sekitar 1Mb. Setelah itu, dalam beberapa langkah sederhana, Google Updater akan bekerja otomatis, men-downloand files yang dibutuhkan dengan jumlah total sekitar 40M. Google Earth memang hanya bisa dipergunakan pada komputer yang terhubung dengan internet.

Mudah-mudahan, lewat Google Earth maupun teknologi lainnya, kita bisa ikut mempromosikan Indonesia tercinta, ya? Seperti yang sudah dilakukan oleh teman-teman ini. Aku menemukan informasi tentang Pulau Sikuai yang mereka miliki dari Google Earth. Klik di gambar masing-masing untuk melihat situs aslinya:

Wisata ke Pulau Sikuai, Sumatera Barat Wisata ke Pulau Sikuai, Sumatera Barat


Dari internet, kita bisa menarik rasa ingin tahu orang di luar negeri tentang Indonesia, seperti yang sudah dilakukan Indrani Soemardjan (pada gambar dengan orang berkaus merah di atas):

"I dare you to take a boat ride to visit that island and tell me what you discover. Nobody seems to live on that island so it is perfect for you to play as Robinson Crusoe. It has a nice strip of beach and lots of vegetation. Bring your snorkeling gear and let me know what you find in the shallow water around the island. When you get to that island please send me your coordinate and photos. I'd like to visit that island but did not have enough time to do so last week.

Interested to visit?

Northwest of Sikuai