Jun 26, 2009

Trik Jadi "Pemecah Masalah" Ala Lisa Simpson

Klik di sini untuk melihat artikelku 'Harga Diri'
  • Kita seringkali memberikan respon yang salah terhadap masalah. Baca artikelku "Harga Diri", untuk melihat tentang kebiasaan buruk "mencintai" masalah daripada mencari solusinya. Dampak terburuknya? Kita bisa kehilangan harga diri!.




Trik Siapa saja yang suka film, pasti tahu The Simpsons. Mereka memang bukan keluarga normal, bahkan boleh dibilang seluruh tokoh di film ini tidak normal. Semua? Kecuali Lisa Simpson.

Dalam catatan Wikipedia, Lisa Simpson memiliki sifat yang sangat intelektual, berlawanan dengan seluruh keluarganya. Ayahnya, Homer, sangat sembrono. Marge, sang ibu, menanggap semua keanehan adalah wajar. Dan Homer, sang abang, punya tingkah laku yang berbau kriminal.

Tiffany Lucyinthesky, seorang penulis kreatif Learnhub.com mencatat hal-hal luar biasa yang dapat membantu kita bercermin dari pergulatan Lisa Simpson dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, tanpa harus kehilangan jati diri:

  1. Mengintelektualisasikan masalah. Lisa bisa menghilangkan rasa tidak nyaman dalam dirinya akibat suatu masalah dengan cara berfokus pada fakta dan logika
  2. Mensublimasi masalah, artinya mengubah energi buruk menjadi tenaga untuk melakukan hal yang positif. Lisa gemar bermain saksophon, manakala ia sedang merasa sedih.
  3. Berfantasi. Daripada dibatasi oleh masalah, Lisa kerap menghabiskan waktunya dengan berfantasi: yang tentunya tak bisa dibatasi.
  4. Merasionalisasikan masalah. Lisa suka berkontemplasi. Pada saat ia merasa sedih atas tingkahlakunya sendiri, Lisa akan mengambil waktu untuk mengerti asal-muasal semuanya biasa terjadi.
Daripada jadi korban masalah, lebih keren bila kita jadi penyelesai masalah toh? Karakter kartun Lisa Simpson memberikan secuplik gambaran tentang bagaimana tingkah laku positif bisa dibangun untuk membuat kita jadi Pemecah Masalah.

Begini kata Tiffany:

"...We all go through different stages in our life where we need to do whatever we can to cope with the events occurring. These coping mechanisms explained above are just a few examples of how we do this. ..." .

The Coping Mechanisms of Miss Lisa Simpson