Mar 10, 2009

Spaghetti Bolognaise

Dian cooks Spaghetti Bolognaise, untuk di rumah Waktu belanja tempo hari, aku teringat pingin bikin spaghetti bolognaise yang gampang bikinnya.

Beli aja satu pak spaghetti, daging giling setengah kilo, satu tomat kaleng (aku beli yang sudah dikupas, isi satu kaleng isinya empat tomat).

Kebetulan di rumah ada jamur merang yang sudah direbus, jadi aku tambahkan jamur juga walaupun ini tidak termasuk dalam resepnya Kev. Dan untuk rasa asin aku tambahkan mozarella cheese.

Cara masaknya juga gampang banget.

Spaghetti direbus dengan air garam dan satu sendok minyak sayur sambil diaduk-aduk agar spaghetti-nya gak lengket satu sama lain. Sementara itu, daging gilingnya direbus dengan sedikit air sampe airnya habis, lalu diaduk-aduk sampai lemaknya hilang tersangrai. Masukkan jamur yang sudah direbus dan terus aduk-aduk adonannya. Kemudian tambahkan tomat dan aduk terus sambil tomat-tomatnya dihancurkan. Aduk sampai daging, jamur dan tomatnya menyatu dan air tomatnya berkurang. Selesai.

Kata adik aku, rasanya Amerika banget (plain, kurang terasa bumbu gitu loh).

Kalau suka yang agak spicy, tambahkan lada hitam sewaktu air yang dipake untuk merebus daging giling tinggal sedikit. Biar meresap ke daging.

Untuk rasa asin, spaghetti-nya dihidangkan dengan menambahkan mozarella cheese. Caranya, potong-potong kubus mozzarella cheese as much as you like it on to spaghetti yang sudah disajikan dipiring dengan taburan daging di atasnya, Jadi, mozzarella cheese-nya ditaruh atas dagingnya, ya. Masukkan ke microwave dan panaskan selama dua menit supaya kejunya cair. Jadi, deh.

Dan namanya juga orang Indonesia, pasti suka pedes. Tambahkan aja tabasco atau sambal botol.

Biar rasanya sedang makan di resto, resep ini bisa dipadankan sama Mashed Potato a la Vivi, dan Cocktail ala Akyu.

Enjoy it!



3 comments:

  1. Kalo aku biasanya waktu masak daging gilingnya suka aku tambahin satu siung bawang bombay yang sudah potong2, sedikit oregano dan sedikit bubuk pala. oh ya, bawang putih juga. kalau masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam. spagetinya saat direbus bisa ditambahkan 1 sdm minyak goreng ke dalam air rebusan biar tidak lengket satu sama lain, dan sedikit garam biar rasanya nggak terlalu hambar. untuk yang dirumahnya tidak punya microwwave, spageti bisa dimakan dengan keju parut. ini salah satu makanan kesukaanku loh!

    ReplyDelete
  2. Elin said...

    Kalo aku biasanya kalo pengen spageti minta adik ku yang seminggu off sehabis tugas di seputaran Papua untuk bikinin :)
    Bisa ga dibilang berdasarkan survey, cowok-cowok hobby nya masak spageti enak.. xixxiiixi.. gue aja ga bisa soalnya.. heheheh

    ReplyDelete
  3. Kalo gue biasanya minta adik aku yang sebulan sekali dapet off seminggu buat bikinin gue spageti... (yang ini spageti ala eeenk)

    Survey membuktikan cowok cowok suka masak spageti dan uenak... :D
    Gue aja ga bisa soalnya.. that is why I never stop to learn... ask my brother to make it for me.. jadi bisa watching watching....alasannya.. I never stop to learn... xixiixixixi alah.... alasan benerrrr... Good kaka, kapan kapan masakin aku juga spageti ala Kev...

    ReplyDelete

Kasih komentar, ya, supaya aku punya input yang bisa aku kembangkan untuk artikel aku selanjutnya. Menambah wawasan aku juga, kan? Terima kasih sebelumnya, loh!