Jun 6, 2009

Hasil Riset: Supaya Pembaca Suka Sama Tulisan Kita





Menulis memang bisa jadi ajang latihan kita supaya bisa berpikir hal-hal yang lebih rumit. Namun, bukan berarti kalau menggunakan kata-kata yang sulit, kalimat panjang, atau metode penulisan serba ruwet maka pembaca akan mengira si penulis adalah mahluk pintar.

Daniel Oppenheimer dari Universitas Princenton di Amerika Serikat melakukan penelitian tentang bagaimana impresi pembaca atas tata cara penulisan. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Applied Cognitive Psychology" (2005) ini menunjukkan bahwa semakin sederhana cara menulis, makin tinggi apresiasi pembacanya terhadap tingkat intelegensi penulisnya.

Si peneliti, menggunakan kombinasi huruf "Juice Font" dan Times New Roman. Sedangkan tulisan yang ditunjukkan berupa karya ilmiah dan karangan sastra.

Hasil temuan menunjukkan bahwa para pembaca dapat membedakan antara tampilan fisik tulisan dengan isi yang diberikan. Bahwa kualitas cetak yang jelek, tidak berarti isi tulisannya juga jelek.

Apa yang bisa dilakukan supaya pembaca percaya sama kemampuan intelektualitas kita?
  • Gunakan jenis fonts dan tata letak yang umum dipergunakan.

  • Sebisa mungkin hindari kalimat-kalimat panjang serta kosa kata super sulit.

  • Tulislah hal-hal kita betul-betul mengerti, supaya bisa menjelaskan secara sederhana. PeDe aja! Toh orang lebih menyukai tulisan yang sederhana.


Begini kata Daniel Oppenheimer:

"Anything that makes a text hard to read and understand, such as unnecessarily long words or complicated fonts, will lower readers' evaluations of the text and its author.".

The secret of impressive writing? Keep it plain and simple