Jun 16, 2009

Percaya Diri, Tambah Cantik dan Gaji...

Kalau PeDe Bikin Kita Keliatan Lebih Cantik

Orang suka membandingkan otak dan wajah, seakan keduanya berlawan. Namun, bagaimana sesungguhnya relasi keduanya? Apakah kemajuan karir seluruhnya bergantung pada otak? Atau penampilan fisik banyak berkontribusi pada kesuksesan?

Tiga peneliti psikologi dari Universitas Flordia-Timothy A. Judge Ph.D, Charlice Hurst Ph.D, dan Lauren S. Simon Ph.D - baru-baru ini mencoba menguraikan bukti relasi keduanya. Yaitu bagaimana relasi kesuksesan manusia dan nilai physical attractiveness yang mereka miliki. Hasil riset mereka baru-baru ini dilansir di Journal of Applied Psychology pada 14 Mei 2009.

Bermodalkan data dari "Harvard Study of Health and Life Quality", mereka menganalisis relasi antara penampilan fisik dan keberhasilan hidup. Data tersebut merekam interview 191 pria dan perempuan, yang dilakukan sebanyak tiga kali pada periode enam bulan.

Ke-191 orang ini kemudian ditanyakan tentang keadaan rumah tangga, karir, pendidikan, serta tingkat kepuasan hidupnya. Para narasumber ini juga mengalami ujian kognisi serta kecerdasan.

Lalu, setiap narasumber diambil photonya dan kemudian oleh peneliti lain hasilnya dipergunakan untuk menilai tingkat "kemenarikan" penampilan fisik masing-masing. Seluruh hasilnya kemudian diakumulasikan.

Hasilnya?

Ternyata para peneliti menemukan bahwa daya tarik fisik seseorang akan setaraf dengan tingkat kesejahteraan yang dicapai, baik dari sisi pendidikan maupun pekerjaan.

Tidak hanya berhenti di situ. Mereka yang punya penampilan fisik lebih menarik, cenderung memiliki citra/persepsi diri lebih baik pula. Pada dasarnya, Judge, Hurst, dan Simon, berhasil menemukan bahwa mereka yang punya penampilan fisik lebih menarik, berarti memiliki penghasilan lebih baik, punya pendidikan lebih berkualitas, juga lebih percaya diri.

Korelasi penampilan fisik yang baik dan penghidupan layak adalah positif.

Namun, para peneliti juga menemukan fakta lama: mereka yang punya intelejensi lebih tinggi akan punya kemungkinan memiliki pendapatan lebih besar. Artinya, penampilan "dalam", yaitu rasa percaya diri, tetap merupakan faktor yang paling menonjol dalam melihat keberhasilan hidup seseorang.

Kesimpulannya?
Silahkan uji diri sendiri. Persepsi diri yang baik, akan bisa ditangkap oleh orang lain yang melihatnya. Entah itu pada keyakinan diri pada penampilan fisik, intelejensi, atau ekspresi bahagia tanda hati senantiasa bersyukur. Biarkan orang di sekitar kita merasa turut bersyukur dengan segala berkat yang kita punya... :) Karena kalau kita dari dalam "menarik", maka kita akan "menarik" segala hal baik dalam hidup kita. 

Begini kata Timothy A. Judge Ph.D:


"We've found that, even accounting for intelligence, a person's feeling of self-worth is enhanced by how attractive they are and this, in turn, results in higher pay."


Brains or beauty: New study confirms having both leads to higher pay (.pdf)