Aug 16, 2009

Pengetahuan: Serba-Serbi Hari Nasional Di Dunia

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya


Wikipedia: Hari Nasional Tak Harus Sama

Hari Nasional di Islandia, tanggal yang dirayakan sebetulnya bukan Hari Kemerdekaan

Pakistan, punya tiga "Hari Nasional"

Perayaan Hari Kemerdekaan Perancis di Champs-Élysées, Paris. Di luar Perancis, Hari Nasional-nya disebut sebagai "Bastille Day"

Kerajaan Inggris, yang tidak punya satu Hari Nasional bersama hingga sekarang

Jamaika, Hari Kemerdekaan-nya berpindah-pindah.





Di dunia, tentu bukan hanya Indonesia saja yang punya Hari Nasional, negara lain pun punya. Wikipedia punya catatan menarik tentang Hari Nasional, yang seringkali juga bermakna perayaan hari kemerdekaan. Di sini, aku bagikan kembali for you, my dearest readers, tentu saja dengan verfikasi dan modifikasi untuk menambah informasi yang sudah ada.

Mudah-mudahan, kita bisa lebih menghargai sejarah kemerdekaan Indonesia, seperti yang pernah aku tulis di artikel "Cinta Indonesia: Right Or Wrong, My Country!".

Yuk, kita simak?



Tidak Harus Hari Kemerdekaan Sesungguhnya

Hari Nasional merupakan tanggal yang menandai saat di mana suatu negara mendapat kemerdekaan atau menerima kedaulautan. Kedudukan sebagai negara merdeka ini dapat dilambangkan oleh tanggal kemerdekaan, menjadi republik, atau tanggal yang signifikan untuk seorang suci pelindung atau penguasa [ulang tahun, kenaikan, penghapusan, dan lainnya].

Misalnya, Islandia [Iceland] yang memilih hari kemerdekaannya dari Denmark pada 17 Juni 1944 berdasarkan hari kelahiran tokoh nasional mereka, Jón Sigurðsson. Ini terjadi lantaran Islandia tidak dapat menyatakan kemerdekaannya berkaitan dengan suasa perang dunia saat itu, di mana Denmark sedang dikuasai Jerman dan Islandia sendiri diduduki oleh Amerika Serikat dan sekutunya. Islandia lantas melaksanakan referendum, dan hasilnya 95,04% rakyat setuju untuk merdeka dari Denmark. Raja Denmark yang tidak berkuasa, Christian X , mengakuinya. Islandia kemudian memilih memiliki tanggal kelahiran pejuang kemerdekaan mereka, Sigurðsson, sebagai hari kemerdekaan mereka.

Tidak Harus Berjumlah Satu

Seringkali pada yang seharusnya disebut "Hari Nasional" tidak secara resmi disebutkan sebagai hari nasional. Pada Hari Nasional biasanya juga dilaksanakan libur nasional. Beberapa negara memiliki lebih dari satu Hari Nasional. Misalnya, Pakistan mempunyai tiga Hari Nasional namun tidak ada yang secara langsung disebut sebagai "Hari Nasional". Hal ini mengisyaratkan adanya penggunaan klasifikasi Hari Nasional yang sama pentingnya dalam pendirian suatu bangsa, namun pula ada yang dianggap kurang penting untuk ditetapkan sebagai hari libur resmi. Pada 28 Januari 1933, Pakistan merayakan lahirnya nama negara mereka; 23 Maret 1956, Pakistan menjadi republik; Sedang pada 14 Agustus 1947, Pakistan menyatakan kemerdekaannya dari Kerajaan Britania-India.

Dari suatu negara ke negara lainnya, maksud dirayakannya Hari Nasional berbeda-beda. Di Spanyol, misalnya, "Hari Hispanik" merayakan tanggal tepat Christopher menginjakkan kaki di Benua Amerika pada 12 Oktober 1492. Untuk itu, ada parade militer [biasanya diadakan di Madrid] yang dipimpin oleh Raja Spanyol.

Hari Nasional di Perancis, 14 Juli, dan dikenal sebagai "Fête nationale" [Hari Nasional]. Di luar Perancis, hari tersebut disebut sebagai "Hari Bastille". Hari itu dirayakan secara luas dan Perancis didekorasi dengan elemen "triwarna" [biru-putih-merah; lambang masyarakat Paris yang berbeda kelas namun tetap satu], sedangkan Presiden Republik menghadiri sebuah parade militer di Champs-Élysées, Paris. Di Amerika Serikat, hari Empat Juli dirayakan secara luas dengan parade, kembang api, piknik, dan barbekiu bersama.

Ada yang Tak Punya

Di Republik Irlandia [Irlandia Selatan], St Patrick's Day, 17 Maret, telah diperlakukan sebagai Hari Nasional Nasional selama bertahun-tahun, dan dalam beberapa tahun terakhir telah pula diperlakukan sebagai hari libur di Irlandia Utara. Namun, dalam bagian Kerajaan Inggris lainnya, nilai perayaan suatu hari berdasarkan seorang patron/tokoh besar dianggap kurang penting. Santo Patrick adalah mantan budak yang jadi penginjil besar di Irlandia.

Dalam beberapa kali kesempatan, St. Patrick's Day juga dipromosikan sebagai telah dimulai untuk mempromosikan Hari Nasional Inggris, Skotlandia dan Wales, dengan ditetapkannya hari tersebut sebagai Bank Holliday di Skotlandia pada 2007. "Bank Holliday" adalah hari di mana beberapa kelompok layanan publik diliburkan dan mereka yang tetap bekerja harus mendapat bayaran lebih tinggi. Karajaan Inggris - yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, dan Wales, memang tidak mengenal satu Hari Nasional bersama.

Bisa Berpindah

Sebagian besar negara memiliki tanggal tetap untuk merayakan Hari Nasional, tetapi beberapa ada yang dapat berpindah-pindah. Contohnya adalah Jamaika, yang merayakan Hari Nasional-nya pada Senin pertama di bulan Agustus. Penentuan ini berdasarkan kemerdekaan Jamaika dari Kerajaan Inggris yang terjadi pada hari Senin, 06 Agustus 1962 - Senin pertama pada bulan Agustus tahun itu.

Contoh lain adalah Thailand yang merayakan ulang tahun raja pada 05 Desember. Tanggal ini akan berubah nanti bila ada raja baru yang naik tahta.