Jun 18, 2009

(Tips) Ayo, Promosikan Indonesia!

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya


Promosikan Indonesia

Peta Kabupaten Bulukumba
Aku memang suka pantai. Dan waktu posting artikel "Pembacaan Cerber "Nita si Sekretaris" di Radio Cempaka Asri FM!", terus-terang yang terbayang adalah bagaimana cantiknya pantai di Bulukumba.

Konon, setiap orang punya selera pantai yang berbeda-beda. Banyak yang berpikir bahwa pantai yang bagus diisi berciri areanya dipenuhi orang berjemur, lengkap dengan penjaga pantainya. Untuk pantai berciri ini, Pantai Kuta di Bali, jagoannya. Lihat artikel-artikelku tentang Bali di sini

Namun sungguh banyak pula yang ingin mencari lokasi pantai bagus, dengan kondisi masih murni. Nah, yang ini rasanya seluruh wilayah Indonesia adalah jagoannya.

Kita kaya dengan pantai bagus. Dari yang berpasir putih, berbatu-batu, sampai dengan hiasan latar gunung api. Ada pula yang bernuansa Tempo Doeloe, menampung bekas lokasi gedung atau benteng tua. Bahkan untuk jenis pantai "retro" seperti ini, kita pun juga tidak kekurangan. Orang Jakarta, pasti mudah mengingat Pulau Bidadari yang dihiasi oleh Benteng Koloni Belanda, 'kan?

Karena itu, aku yakin, kalau kita rajin membagikan informasi tentang pantai -atau tourist destination nasional- maka cantiknya Indonesia dengan mudah menarik perhatian dunia. Kita bisa membuat industri pariwisata Indonesia jadi makmur!

Taruh Photo: a must alias wajib  
Photo akan mudah menarik perhatian, dan bisa dimengerti semua orang di seluruh dunia. Photo ini bisa ditaruh misalnya di Google Earth (atau Google Map). Karena memang selain menampilkan peta, Google Earth dan Google Earth juga memberikan fasilitas supaya kita untuk menaruh photo dan informasi lain tentang suatu daerah.  Masih ingat 'kan cara menggunakan Google Earth di artikelku "Mampir Ke Pulau Sikuai Dengan Google Earth"?

Di bawah adalah halaman situs Panoramino yang berisikan photo Bulukumba. Halaman ini bisa  dilihat waktu mencari tahu soal Kabupaten ini di Google Earth:


Bulukumba

Kebetulan Andi Amir Hamzah,  sang kontributor, menampilkan photo-photo Bulukumba sebagai area pembuatan kapal Phinisi yang kondang itu. Keren, 'kan? Memang belum banyak yang menaruh photo wisata bahari di Bulukumba. However, informasi daerah pembuatan kapal secara tradisional rasanya keren banget

Informasi yang perlu orang ketahui?
Setelah tertarik dengan photo daerahnya, maka niscaya orang akan tambah kepengen berkunjung ke tempat tersebut kalau kita menuliskan misalnya:
  • What to do. Tulis aja kegiatan menarik yang sudah berhasil bikin kita coba lakukan di sana. Misalnya snorkling di pantai.
  • .
  • What to see. Ingat, para pelancong ingin melihat pemandangan atau hal unik. Contoh di Bulukumba adalah pembuatan kapal tradisional

  • Optional, What to eat. Kalau ada makanan yang khas, nggak ada salahnya untuk menceritakannya. Indonesia 'kan punya kekayaan alam rempah-rempah super dahsyat, maka makanan di suatu daerah rasanya bisa beda dengan di tempat lain, meskipun cara masaknya sama. Wisata kuliner 'kan seru banget...


Oh ya, setelah mendapat informasi dari kita, pasti mereka yang berminat akan cari tahu lebih lanjut. Oleh sebab itu, jangan segan memberikan identitas diri. Supaya kalau yang berminat, bisa tanya langsung ke kita.