Jun 21, 2009

Jalan-jalan ke Jakarta Fair 2009

Jalan-jalan ke Jakarta Fair 2009

Kemarin sore aku jalan-jalan ke Jakarta Fair 2009 di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) bersama ibuku dan sepupuku, Meyland. Bertiga kami ke sana naik taxi. Untung gak nyetir sendiri karena macet dan gak kebayang rasanya cari parkir. Aku sih gak liat lokasi parkirannya, tapi melihat kemacetan di sekitar arena PRJ...

Macet dan Busway Feeder
Kami berangkat dari rumah jam 04 sore, sampai di sana sudah jam 06 lewat. Kami terhambat kemacetan di jalan sekeliling arena PRJ yang bikin kendaraan cuma bisa merambat. Maklumlah, banyak orang yang datang berkunjung. Harusnya memang begitu, 'kan?

Ketika tiba di lokasi PRJ, kami melihat ada shelter untuk busway Transjakarta. Ternyata Pemerintah DKI, melalui penyelenggara Jakarta Fair ini, telah menyediakan busway feeder gratis yang membawa pengunjung dari dan ke Monas. Sayang, sementara acara Jakarta Fair berakhir jam 12 malam, busway feeder-nya cuma disediakan sampai jam 10. Yang missed the last bus wasted their times at the shelter thinking the next trip would come, but it never did...

Catatan buat penyelenggara: you would want people to come to PRJ. Usahakan dong, manajemen transportasi yang bagus. Pasti akan tambah gres, PRJ kita. :)

Makanan, Di Mana-Mana
Anyway, memasuki arena Jakarta Fair melalui gerbang A2, kami melihat beberapa toko dan juga pertunjukan ketangkasan khas Cina di dekat gerbang. Juga banyak penjual kerak telor yang harum baunya menggugah selera. Kerak telor adalah makanan khas Jakarta, terbuat dari ketan, kelapa, dan of course, telur ayam... Yummy!

Setelah itu kami memutuskan untuk makan dulu baru kemudian melanjutkan berkeliling melihat-lihat kegiatan di arena PRJ ini. Ternyata, ada banyak sekali food court disediakan tersebar di seluruh area PRJ, sehingga mudah sekali untuk mencari makanan. Juga untuk pun sekedar minum yang pasti sangat diperlukan karena udara sangat panas.

Aku kebetulan gak tahan udara panas, sehingga di sana sempat merasakan sakit kepala, Alhasil, akupun bergegas memasuki hall yang ber-AC. Saking panasnya, aku minum banyak sekali, tetapi tidak memicu kebutuhan untuk ke toilet. Habis jadi keringat semua air yang kuminum. But it's OK. After all, this is Jakarta.

Memori & Bisnis
Jalan-jalan ke Jakarta Fair 2009Di sana aku melihat beberapa outlet American Donut dengan slogan mereka: oleh-oleh khas Pekan Raya Jakarta. Aku ingat, sejak kecil, setiap kali jalan-jalan ke Jakarta Fair, kami selalu membawa pulang donat ini. Pasti. Tapi aku gak lihat stand battery ABC yang dulu selalu menampilkan penghibur bertubuh pendek.

Melihat berbagai jenis produk yang dipamerkan, aku teringat berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta. Ada mall, ada pasar semacam Pasar Tanah Abang...

The Body Shop pun ikut berpartisipasi dalam acara ini seperti juga produsen sekelasnya. Tetapi, pengusaha Tanah Abang atau pun Mangga Dua pun ada di sini. Yang paling aku suka adalah toko-toko penjual pakaian dari bahan batik dengan desain yang bagus sekali. Toko-toko ini bisa ditemukan di gedung Pusat Niaga.

Produk-produk eletronik, telekomunikasi juga automotive mendapat tempatnya dalam kelompoknya masing-masing, sehingga memudahkan kita melakukan survey sebelum membeli. Singkatnya, this is Jakarta when being packed minus office and property business.

Entertainment
Sebagai tempat hiburan, children playground cukup semarak di arena ini. Dan puncaknya, tentu saja, panggung terbuka yang selalu menampilkan artis musisi terkemuka di Jakarta. Seperti Yovie and Nuno yang semalam berkesempatan menghibur para pengunjung.

Jam 10 malam kami mendapat suguhan selingan yang membuat semua yang sedang berjalan berhenti sejenak: pertunjukan kembang api yang cantik sekali. Wah, sudah lama rasanya gak lihat kembang api yang cantik berpendaran di udara seperti itu. Very nice.

Jangan Lupa, Ambil Peta!
Satu hal yang paling penting when you get there adalah do stop by at the Information Counter untuk mengambil peta arena. You will need it when trying to find the way back! Biar gak kesasar.

Jalan-jalan ke Jakarta Fair 2009Dari lembar peta yang aku ambil setelah lost my way, kesasar, aku melihat jadwal pertunjukan. Ternyata band kesukaanku, Dewa 19, baru akan perform tanggal 24 Juni besok. I guess I am going to miss it. Sedangkan hari ini, Minggu, tanggal 21 Juni, akan ditampilkan band yang bakal mampu menggoyang arena, The Changcuters. I am going to miss them too...

Ada lagi acara lain yang seharusnya I don't miss: Jakarta Fair Carnaval. Acara ini diadakan setiap hari Senin dan Rabu selama Jakarta Fair 2009 berlangsung. Lalu, acara menarik lainnya adalah Pemilihan Miss Jakarta Fair 2009. Pendafaran masih dibuka, loh, kalau mau daftar, sok atuh... :)

So, apa lagi? Just go there. It's only once a year and it's the occassion that is truly Jakarta...


Jalan-jalan ke Jakarta Fair 2009



TIPS SUPAYA LEBIH ENJOY DI PRJ



Ada waktu senggang? Di sini, aku susun tips untuk ke PRJ, supaya bisa lebih puas di sana. Yang pasti, dengan siapapun kita pergi, aku sangat sarankan untuk mengambil peta yang bisa diambil di pintu masuk.

PRJ dibagi dalam beberapa area atau hall. Untuk yang suka otomotif, bisa ke hall A1. Untuk yang ingin belanja produk furnitur, bisa ke Hal A2 dan A3. Barang-barang nasional bisa ditemui di hall B dan C1. Di hall C2, dipenuhi oleh produk elektronik. Kita bisa mengeksplorasi produk perbankan, teknologi informasi, kosmetika dan kesehatan di hall D. Sedangkan produk fashion dan perlekangkapan sekolah bisa ditemui di hall E. Lengkap, 'kan?


Datang Bareng Keluarga (dengan anak-anak)
  • PRJ punya banyak atraksi yang bagus untuk pendidikan anak-anak, terutama dalam hal budaya Betawi, atau Jakarta. Pastikan dengan datang ke PRJ, mereka bisa melihat kayanya budaya Indonesia.
  • Belanja perlengkapan sekolah, bisa di sini. Namun kita bisa dapat wawasan tentang dunia bisnis nasional, yang tentunya bisa berguna untuk anak-anak. Misalnya, di sana ada display kereta bawah tanah Jakarta di tahun 2016. Ngebanggain, 'dong?  


Dengan Temen
  • Shop till you drop. Meyland bought herself a jeans there, I believe you can do too! Aku juga beli T-Shirt "Cinta Jakarta" di PRJ.
  • Be advanterous! Di PRJ, aku asyik berkaraoke. Don't you see the picture up there? ;)





   Perlu dibaca juga:





Yuk, gabung?