Jul 3, 2009

Volare! Terbang!

Dian Manginta - Cantik Selamanya

Kemarin, teman aku mengirimkan aku lagu Volare. Wah, aku suka banget. Love it! Lagunya gembira, cocok buat rame-rame dancing dengan keluarga dan teman-teman.

Iseng aku googled dengan keyword "Volare" dan search result pertama adalah dari Wikipedia. Menurut Wikipedia, judul asli lagu "Volare" sebenarnya adalah "Nel blu dipinto di blu" ["In the Blue Painted Blue"] pada tahun 1958. Tetapi, karena refrain-nya yang di dalamnya ada kata "volare", lagu itu malah jadi dikenal dengan "Volare" (bahasa Italia yang merupakah bentuk kata dasar dari terbang atau “to fly”).

Kerennya, lagu Volare pernah mencapai tangga lagu nomor satu top chart dunia Billboard Hot 100 dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa, antara lain "Воларе (Volare)" dalam bahasa Rusia; "Dans le bleu du ciel bleu" dalam bahasa Perancis, "En el azul del cielo" dalam bahasa Spanyol, "Jouw ogen" bahasa Belgia, "Taivaan sinessä" dalam bahasa Finlandia dan "Azul pintado de azul" dalam bahasa Brazilia dan Amerika Latin.

Volare! Terbang!Pencipta lagu ini adalah Domenico Modugno yang dengan lagu itu menjadi the first Grammy winner for the Grammy Award for Record di tahun 1958. Hebatnya lagi, lagu ini adalah lagu berbahasa asing (bukan bahasa Inggris) pertama yang menerima penghargaan Grammy Award.

Dalam catatan Wikipedia, melalui lagu ini Modugno menggambarkan perasaannya yang seakan sedang terbang bersama kekasihnya. Wow.. Bahagia bener, perasaan si Modugno itu, ya! Ingat iramanya, ‘kan? Irama yang seperti itu disebut ballad dalam gaya dramatic chanson.

Anyways, sekarang yang aku tahu, lagu "Volare" dinyanyikan dengan baik oleh Gipsy King. Pertama kali mereka menyanyikannya di tahun 1999 dalam album "Volare! The Very Best of Gipsy Kings".

Nah, sekarang ini liriknya yang karena irama dynamic chanson-nya itu, kita yang lidahnya melayu banget agak susah untuk menyanyikan prelude-nya. Tapi gak papa, nyanyikan saja refrain-nya! :)




VOLARE!

Pienso que un sueno parecido
No valvera mas
Y me pintaba las manos
Y d
'improviso el viento rapido me llevo
Y me hizo volar en el cielo infinito
Volare oh oh
Cantare oh oh oh
Nel blu dipinto di blu
felice di stare lassu
E volando
, volando feliz
Yo me encuentro mas alto
Mas alto que el sol
Mienstras el mundo se aleja despacio
Despacio de mi
Una musica dulce tocada
Solo para mi




   Perlu dibaca juga:




Yuk, gabung?