Sep 11, 2009

Buka Puasa

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya


Dian Manginta - Cantik Selamanya




"Saat Bersama Adalah Saat Saling Memperhatikan.. Saat Kita Tahu Kita Tidak Sendiri.."




Lebaran sebentar lagi, nih.. Umat Islam sudah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan yang akan berakhir tanggal 19/20 September nanti. Selama bulan Ramadhan ini, atau yang disebut juga bulan Puasa, umat Islam yang berpuasa menahan segala hawa nafsu termasuk nafsu makan. Keinginan untuk makan ini baru bisa dipenuhi apabila waktunya berbuka tiba.

Nah, waktu berbuka ini yang menarik bagiku karena rasanya, at least di Jakarta, semua orang pernah mendapat undangan buka puasa bersama. Ada yang dengan rekan sekantor, ada yang dengan kumpulan organisasi, dan sebagainya. Aku sendiri, di bulan Puasa kali ini, mendapat tiga kali undangan Buka Puasa Bersama.

Buka Puasa Bersama ini kegiatan sosial yang menarik tentunya karena yang bukan umat Islam pun diundang untuk ikut menikmati hidangan berbuka. Ketika saat berbuka hampir tiba, semua berkumpul di meja makan. Bersama-sama semua menunggu suara bedug terdengar tanda saatnya berbuka puasa. Walaupun tidak puasa, semua yang hadir duduk manis menunggu panggilan berbuka itu. Semua menghormati dengan tulus, dan ketika bedug pun berbunyi juga terdengar suara adzan, semua bersama-sama membisikkan ucapan syukur “Alhamdulillah” yang artinya kurang lebih adalah “puji Tuhan” dan dilanjutkan dengan doa. Aku selalu senang menghadiri acara buka puasa bersama karena kebersamaannya.

Click Here To Enjoy Your WeekendSetelah menikmati tajilan berupa makanan dan minuman manis, mereka yang menjalankan puasa pun melakukan sembahyang. Yang gak puasa ya menunggu saja dengan senang hati. Acara sembahyang ini juga diadakan tergantung kondisi. Ada kelompok yang menyewa ruangan khusus untuk berbuka dengan memesan catering, lalu menyiapkan tempat yang baik untuk bersembahyang bersama. Ada juga yang karena kelompoknya kecil saja, maka sembahyang dilakukan dengan mengikuti kegiatan di mesjid atau musholla terdekat. In all, suasana gembira memenuhi ruangan saat menikmati kebersamaan. Isn’t it beautiful?

Selain acara buka puasa bersama kelompok masing-masing, ada juga yang memanfaatkan acara berbuka puasa untuk berbagi dengan orang-orang yang kurang beruntung. Biasanya penyelenggara menyiapkan hidangan dan membawa ke lokasi tempat orang-orang yang dalam kesusahan itu berada, atau sebaliknya, orang-orang yang kurang beruntung itu diundang datang untuk bergabung. Ini pun indah sekali.

Bagiku inilah kekhasan bulan puasa di Jakarta sebab aku belum pernah berada di kota lain saat bulan Ramadhan. Tapi aku juga tahu, bangsa kita memang menyukai kebersamaan. Tentu, kegiatan yang baik ini sepatutnya diadakan di waktu lain demi menjalin silaturahmi. Demikian juga saat memperhatikan orang yang berkekurangan, tentu sepatutnya diadakan juga di waktu-waktu yang lain. Dengan cara begini, kita menikmati kebersamaan and know at the same time that we are not alone. Bagus, 'kan?



*****




Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:











Yuk, gabung?