Dec 1, 2009

More Than Cheap, Complete Music Download by Esia [Wow!]

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya




Esia
"Orang berambisi, punya manfaat bagi orang lain." [Dian Manginta, tentang ambisi]





Esia - untung pakai esiaESIA meluncurkan aplikasi download lagu resmi dengan sistem berlangganan pertama di dunia, tanggal 24 November 2009 yang lalu. Esia dari Bakrie Telecom ini mengedarkan lagu resmi, bukan bajakan, asli dari perusahaan yang mengeluarkannya.

30 lagu bisa diunduh cukup berlanggangan Rp. 1000,- [baca: seribu rupiah saja], perhari, dan berlaku kelipatannya. Luar biasanya, mekanisme berlangganan lagu lewat hape Esia ini sebetulnya termasuk paling anyar di dunia.

Mempergunakan aplikasi bernama "Digital Music Download" [DMD], teknologi  sangat canggih yang dikembangkan oleh anak perusahaan UBC Media Group, Inggris, yang bernama Unique Interactive. Aplikasi ini menggunakan software Digital Fountain's DF Raptor yang menyempurnakan proses pengunduhan dalam sekali tangkapan meskipun dilakukan di area yang ekstrim alias miskin sinyal.

Di dunia, teknologi DMD yang dipakai oleh Esia ini juga dimanfaatkan dalam bidang militer. Di negara asalnya, aplikasi DMD sangat disukai oleh kalangan yang mengaku gaptek, karena dirasakan sangat mudah dioperasikan. Esia sendiri mengamit empat label musik ternama, yaitu Sony Music Entertainment Indonesia, Musica Studios, Universal Music Indonesia, dan Warner Music Indonesia.

Karaoke & Chord

Selain aplikasi ini, Esia juga mengeluarkan aplikasi lain untuk mereka yang suka banget menyanyi, yaitu aplikasi mobile karaoke yang memberikan iriangan musik dan lirik.

Fitur-fitur di atas masih ditambah lagi dengan info musik yang berisi kord dan lirik lagu, tangga lagu, berita-berita terbaru soal musik dan artis-artisnya.

Esia - Musik Seribuan dari EsiaUntuk mendukung aplikasi download lagu tersebut, Esia meluncurkan 2 tipe terbaru dalam range Hape Esia Musik, yaitu Hape Esia Musicbox [Rp.449 ribu - plus PPN], dan Hape Esia Idolaku [Rp. 299 ribu - plus PPN]. Esia Musicbox adalah ponsel Huawei berlayar warna 1,8 inci dengan kamera VGA, sedangkan Esia Idolaku juga berasal dari pabrikan sama meskipun tak dilengkapi kamera.

Lalu, mengikuti perkembangan mobile technology, Hape Esia Musicbox dilengkapi fasilitas MP3, kamera dan opera mini browser untuk menjelajah dunia internet. Dengan hape ini, pemilik akun di twitter, friendster, facebook, Gmail, yahoo email dan berbagai website lainnya.

Sebagai bonus tambahannya yang bernilai Rp 335 ribu meliputi gratis 1 bulan download 30 lagu, facebook 400 menit browsing internet, nada sambung Esia. Ditambah gratis satu minggu info musik dan berita serta dilengkapi 5 wallpaper dan poly ringtones, kabel data, dan handsfree, serta talktaime senilai Rp. 10 ribu.

Untuk Hape Esia Idolaku, selain menyediakan aplikasi mobile karaoke diiringi musik dan lirik lagu juga menyertakan aplikasi facebook, dan aplikasi Esia-shop untuk men-download ringtone dan wallpaper.

Bonus tambahannya senilai Rp. 83.000 berupa gratis 1 bulan facebook dan nada sambung Esia, gratis 1 minggu info musik, gratis 5 wallpaper dan 5 poly ringtone, gratis talktime senilai Rp.10.000, 20 pilihan foto artis idola dan batterey yang tahan lama: hampir sekitar 2 minggu stand-by.

Artis dan kelompok band yang melengkapi koleksi lagu yang bisa didownload antara lain: D Masiv, Letto dan Geisha dari Musica Studios; Hijau Daun, Nindy, The Potters dan Vagetoz dari Sony Music Entertainment; Alexa, Kotak dan Kangen Band dari Warner Music Indonesia serta Samson, Ecoutez dan RAN dari Universal Music Indonesia.

Ambisi, Hapuskan Pembajakan

Erik Meijer, Wakil Direktur Utama PT. Bakrie Telecom Tbk, menyebutkan "...Ngapain lagi beli bajakan kalau harganya udah murah dan gak perlu repot harus ke toko untuk mendapatkan lagu favorit."

Esia yang agresif dalam promosinya, juga agesif dalam inovasinya. Seringkali kita melihat iklan-iklan baru di media dari produk-produk terbaru yang diluncurkannya. Esia begitu bersemangat mengejar pembeli dan menguasai pasar. Berbagai trik dan inovasi diluncurkannya untuk menarik minta pembeli. Dan nama Esia pun menjadi besar.

Dalam dunia usaha memang wajar seorang pengusaha bekerja keras seperti itu demi kesuksesan usahanya. Itu namanya ambisi.

Tapi ambisi bukan cuma milik pengusaha saja. Karyawan, guru, ilmuwan, pengusaha, mahasiswa, pelajar, perawat, dokter, siapapun. Mereka yang dalam kesehariannya memiliki objective atau cita-cita untuk dicapai adalah yang punya ambisi.

Orang yang ambisius artinya adalah mereka yang hidup dengan ambisi. Penuh dengan ambisi artinya rela mengorbankan berbagai kenikmatan sesaat demi mendapatkan yang lebih besar. 

Tentu saja mereka yang hidup dengan sekedar memungut tak perlu berjuang. Selalu bermanja memang terdengar enak, namun ada ide corrupt di situ. Pejuang tentu tak ingin korupsi.

Esia yang inovatif akhirnya bisa memberi jalan supaya kita bisa memberantas pembajakan. Semangat inovatif ini bisa akhirnya jadi contoh bagus buat kita semua yang ingin menghilangkan pembajakan, kemiskinan, keterbelakangan, atau apapun yang terdengar "tertinggal" dari Bumi Indonesia.

Kalau kita berambisi membangun negara ini, apa sih sebetulnya yang tak bisa Indonesia lakukan?





*****






Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:













Cover/ID photo: Andry