Oct 23, 2009

Di Jakarta, Belajar Dari Gaya Beda A.B.B.A

Dian Manginta - Cantik Selamanya - ABBA




Be Different, Do the right thing





"Tak semua kegiatan harus seragam. Yang penting adalah niatnya, dan caranya tak merusak hubungan sesama." [Dian Manginta, tentang BEING DIFFERENT]






TERINSPIRASI dari lagu-lagu yang pernah dipopulerkan oleh group penyanyi ABBA, pada tanggal 14 Oktober 2009 di Istora Senayan Jakarta, diselenggarakanlah sebuah pergelaran yang mereka namakan DANCING QUEEN in concert.


ABBA memang patut dikenang, karena punya karakter kuat. Sangat entertaining, ringan dan betul-betul untuk bersantai.

Saat ABBA masih aktif di era 1970-1980, segal musik yang sedang tenar cenderung terdengar serius. Lihat saja daftar lagu tenar pada tiap tahun di dekade tersebut, kental diisi oleh tema berat, dalam nada, emosi, lirik, bahkan penampilan pangungnya.

Dari Beatles, Queen, hingga Rolling Stones, semua teman seangkatan ABBA punya musik yang selalu tampil dalam topik kuat. Entah kritik sosial atau patah hati sampai anarki, terdengar rumit dan sangat dipikirkan, menguras emosi. Namun ABBA justru selalu melempar singles yang riang gembira. ”Chiquitita”, ”I Have A Dream”, ”Fernando”, sebut saja beberapa judul single ABBA tersebut, kita pasti teringat iramanya yang serba ringan.

Dian Manginta - Cantik SelamanyaGedung Istora hampir-hampir penuh dengan penonton yang antusias. Mereka kadang ikut menari, berdiri sambil menggoyangkan tubuhnya mengikuti irama, dan seringkali ikut bernyanyi. Seandainya saja panggung didesain lebih panjang sampai melintasi tengah area, pasti sang artis akan dapat merasakan nikmatnya suara pengunjung yang ikut bernyanyi.

It's an honor for the singer if the audience follows. Karena dengan demikian dia jadi benar-benar tahu bahwa penonton memang menyukai pertunjukkannya.

Agnes Monica, Titi DJ,Pertunjukkan dengan musik orkestra ini menampilkan artis penyanyi Agnes Monica, BDO, Elfa's Singers, Mike Idol, Mulan Jameela, Patton, Sita Nursanti, dan Titi DJ sebagai sang Dancing Queen.

Diadakan di Istora Senayan, sayangnya peralatan sound system yang dipakai kurang bagus sehingga kebanyakan suara penyanyi tersebut tak jelas mengucapkan lirik apa. Hanya karena artikulasi yang baik sekali maka beberapa penyanyi berhasil mengalahkan akustik gedung olah raga yang memang bukan direncanakan untuk pertunjukkan musik.

Mungkin karena memang jam terbang yang panjang, akhirnya beberapa penyanyi berhasil menaklukkan akustik gedung olah raga yang memang bukan direncanakan untuk pertunjukkan musik. Dan perlu dicatat, lagipula karakter lagu lincah ABBA memang sangat kuat.

Dian Manginta - Cantik SelamanyaKlik saja video Youtube di atas, yang menampilkan lagu "Dancing Queen"-nya ABBA. Kita pasti jadi ingin dansa-dansa ;). Ingat saja, kalau ingin mencari lagu ceria, pilih ABBA :).

So, kalau ngerasa punya gaya berbeda - baik dalam kerja, penampilan, atau hal lainnya - jangan cepat minder. Lihat saja ABBA. Biar tak punya gaya sama, namun hasil kerja mereka sudah menguatkan begitu banyak penyanyi di dunia di segala jaman. Termasuk dari Indonesia.







*****






Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:






Yuk, gabung?