Oct 20, 2009

Perempuan Sukses Harus Tomboy?

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya




Perempuan Indonesia...




"Perempuan Indonesia, kemana langkahmu?." [Dian Manginta, tentang KEBIJAKSANAAN]





Dian Manginta Bicara KarirKetika mendengar bahwa aku menamakan blog aku ini "Cantik Selamanya", segera saja orang mengasosiasikan dengan masalah kecantikan. Urusan rias merias, fashion, rambut.... Urusan tetek bengek khas perempuan. Katanya.

Padahal fashion, rambut, perawatan tubuh, dan wajah juga sebetulnya tersedia juga untuk lelaki. Lalu, karena masalah kecantikan kerap dianggap sebagai lambang kemanjaan perempuan yang minta diperhatikan, maka orang memandang ide cantik sebagai kebodohan. Gak smart, gitu.

Walau gak pernah dilontarkan langsung, tapi aku merasakan kesan bahwa people expect us, women to look boyish untuk ditanggapi secara professional. Kalau rambut cepak, minimum make-up [paling-paling bedak], berpakaian seperti lelaki, baru, deh, dianggap serius.

Cristina Fernández de Kirchner - Presiden Argentina - Cantik SelamanyaPadahal kecantikan adalah jatidiri perempuan. Meski berambut pendek dan memakai pakaian lelaki, kalau si perempuan itu bahagia, maka kecantikannya pasti terpancar tanpa terbendung.

Sedangkan kebahagiaan itu 'kan pancaran hati karena kebebasan pribadi terlindungi. Bebas untuk menjadi diri sendiri. Bebas untuk berekspresi. Bebas untuk berpendapat. Bebas untuk bersikap. Bebas dan bertanggungjawab. Dan di atas itu semua, adanya perasaan dihargai tanpa intimidasi. Kalau sudah begitu maka seorang perempuan akan menjadi Cantik Selamanya sampai mati.

What do you think? Apakah perempuan sukses di kantor harus kelihatan "laki" dan tidak boleh cantik? Apakah berpenampilan maskulin adalah satu-satunya cara perempuan bisa dianggap berguna bagi lingkungannya?





*****


Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:











  • Be happy with yourself, do not worry too much. And...why don't you gabung di halaman facebook "Cantik Selamanya"? Yiuuuk yaaak yiuuuk? ;)
Yuk, gabung?