Sep 29, 2009

Kenalan Dengan Wikipedia - Kembangkan Wawasan Kita

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya





Semua orang perlu belajar



"Kurang pengetahuan? Cari saja di Wikipedia! Mau diam-diam, juga nggak ada yang tauk..."





Salah satu keajaiban internet adalah menggelar kesempatan bagi siapapun untuk mengedarkan dan menerima informasi. Bila melihat data statistik dari situs Internet World Stats, dengan jumlah perkembangan pengguna 1150% pertahun, tampaklah Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang paling aktif menikmati mengembangkan keajiban informasi mutakhir ini. Keren, ya?

Karena sifatnya yang demokratis, internet kian mengubah samasekali cara pandang kita tentang penyebaran informasi: sekarang makin menggunakan prinsip kolaboratif.

Apalagi kalau kita mendengar berita bahwa tahun 2010 tarif berlanggangan internet bisa turun hingga 50% [Lihat beritanya di thejakartapost.com]. Bisa dibayangkan, dengan makin turunnya harga komunikasi di hari mendatang tiap orang atau kelompok di Indonesia akan lebih cepat menjadi narasumber, mengumpan, dan/atau memanfaatkan segala jenis informasi.

Wikipedia, Apa Itu?

Dian Manginta - Cantik SelamanyaInformasi makin banyak jumlahnya dan kecepatan edarnya tambah tinggi karena semakin gampang diakses. Dulu mencari informasi harus mengandalkan search-engine [misalnya Google atau Bing], namun sekarang sudah ada yang diklasifikasikan dan dijadikan ensiklopedia. Dan ensiklopedi di internet ada yang kian istimewa, namanya: Wikipedia.

Mencari informasi di internet bisa jadi perkara sukar. Apalagi banyak situs yang dijaga oleh pintu pendaftaran [subscription]. Tapi Wikipedia, di semua informasi ditulis, dikembangkan, diperbaiki, ditata, dan dijaga oleh para pengguna internet sendiri.

Sampai artikel ini aku buat [28 September 2009], menurut deskripsinya sendiri, Wikipedia memiliki 3,044 juta lebih artikel yang ditulis dalam hampir 18,1 juta laman. Untuk kualitasnya? Wikipedia telah mengalami perbaikan sebanyak kurang lebih 336,5 juta kali, dilengkapi dengan kisaran 860 ribu file. Semuanya dikelola oleh 1.689 orang yang sukarela menjadi admin.

Karena memang terjaga baik, informasi dan referensi yang ada di Wikipedia valid, bahkan ketelitiannya pada tahun 2005 diakui oleh jurnal ilmiah Nature setaraf dengan ensiklopedi Britannica.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Dian Manginta Bicara KarirMisalnya kita ingin mencari tahu tentang "internet". Setelah membuka situs http://www.wikipedia.org/, kita tinggal ketik kata internet di kotak yang disediakan, lalu memilih bahasa yang diinginkan, misalnya bahasa Indonesia. [Sekarang ini wikipedia tersedia dalam 105 bahasa, loh!] Selanjutnya, tekan tombol enter dan muncullah sebuah halaman dengan bahasan yang mendetil mengenai internet.

Seandainya kita mempunyai informasi yang belum terekam dalam Wikipedia ini, maka kita dapat ikut mengembangkan informasi yang ada dengan informasi kita. Yang penting kita harus memiliki referensinya, entah buku, blog, atau media lainnya. Nanti, kalau ada orang lain yang melihat informasi itu di Wikipedia dan ingin menambahkan atau merubah informasinya [tentu dengan referensi tertulis], orang itu pun dapat melakukannya. Dengan cara begini, informasi yang ada semakin mendekati akurat. OK, ya?

Menurut catatan answers.com, Wikipedia berasal dari kata "wiki" [bahasa Hawaii yang artinya "cepat"] dan "encyclopedia. Sehingga Wikipedia mengandung arti: sebuah copyleft encyclopedia yang secara konstan berkembang dan dapat diedit oleh siapa saja. "Copyleft" itu sendiri artinya membebaskan orang untuk menggunakan, tanpa biaya. Karena itu, Wikipedia sering disitir, karena lagipula informasinya dianggap dapat dipercaya.

Misalnya, ada sebuah perusahaan yang ingin membangun resor di suatu tempat yang jauh dari lokasi kantor tempat perusahaan itu beroperasi. Sebelum memutuskan untuk membangun resor itu, tentu sang pengusaha memerlukan informasi yang terbaik agar dapat menghasilkan keputusan yang tepat. Nah, melalui Wikipedia, informasi tentang tempat yang dimaksud dapat diperoleh secara komprehensif dan memadai untuk pengambilan keputusan.

Coba, deh, wiki-kan kata "Bali". Luar biasa sekali informasi yang ada.

Dari Sekretaris, Ibu Rumah Tangga, Sampai Analyst

Iseng-iseng aku wiki “Pangandaran” dan mmm... aku menemukan informasinya. Lumayan buat orang yang belum pernah ke sana seperti aku. Kasian, ya, aku? :P

Makanya, sekretaris dan orang-orang yang bekerja sebagai analyst sebaiknya mengenal Wikipedia dan manfaatnya. Seorang sekretaris dapat memanfaatkan Wikipedia untuk mencarikan informasi yang diperlukan oleh atasannya, sedangkan para analis tentu terbantu dengan adanya informasi yang sebanyak-banyaknya sesuai dengan hal yang sedang dianalisanya.

Ibu-ibu juga sebaiknya mengerti penggunaan Wikipedia, dong. Sangat membantu dalam meningkatkan karir sebagai rumah tangga, loh... Minimal, sebagai sumber informasi di kala ingin tahu sesuatu. Sehingga kalau ngobrol dengan siapa aja bisa nyambung. 'Kan gak enak kalau teman bicara kita ngomongin sesuatu yang jarang didengar di rumah, dan ibu cuma bisa terdiam karena gak ngerti.. J



*****


Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:








Yuk, gabung?