Aug 24, 2009

Kompilasi "Tips Hemat" - Dari Berbagai Media Top

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya

Dian Manginta-Cantik Selamanya- Karir

"Ingin Hemat? Ini Tipsnya!"



Cantik Selamanya - Hidup HematMenjelang hari raya, kita harus pandai mengelola keuangan. Sayangnya, kadang ide hidup berhemat sulit didapatkan.

Untung kita hidup di jaman internet, informasi dari penjuru bumi gampang dipetik. Di sini, aku mencari ide menarik tentang "Tips Hidup Berhemat" dari media yang menurut situs www.nyjobsource.com merupakan anggota 100 majalah terkuat di Amerika Serikat. Artikel ini sekaligus untuk membayar janjiku di artikel "Uang, Belanja, Nabung" - aku mengatakan akan membahas lebih banyak tentang uang.

Ada lima hal menarik dalam tips hidup hemat yang berhasil kuhimpun. Tentu saja aplikasinya tidak terbatas bagi perempuan yang bekerja di kantor ataupun di rumah sebagai ibu rumah tangga:


1. Mental: Mengakui Punya Masalah Keuangan

Reader's Digest mengingatkan sebelum bisa menata ulang catatan keuangan pribadi, hal terutama adalah membangun pengakuan diri tentang masalah tersebut. Akui saja kita punya masalah keuangan. Setelah jujur terhadap diri sendiri, kita baru bisa mengelola lebih banyak pengetahuan tentang manajemen keuangan.

"Most of us feel intimidated when it comes to money, but the truth is we were never given a proper education about it. You’re not alone."

2. Asumsi Sendiri Tidak Cukup, Cari Nasihat

Dian Manginta Bicara KarirDalam usaha berhemat, orang kerap berpikir, "yang paling murah adalah pilihan terbaik." Situs majalah Homes and Gardens mengingatkan bahwa barang termurah belum tentu adalah yang kita butuhkan. Mintalah nasihat kepada supplier atau penjual tentang barang yang kita butuhkan - semakin banyak nasihat, makin baik. Pilihlah barang murah hanya bila ia sudah cukup memenuhi kebutuhan kita.

"Economics of scale being what they are, home improvement warehouses typically offer the lowest prices .... However, they may not have the selection and quality you find at more specialized sources."

3. Teliti

Soal uang, usahakan untuk jangan biarkan kesalahan orang lain jadi tanggungan kita. Bahkan untuk tagihan pengobatan, majalah Pareting menyarankan untuk mengecek ulang semua bill yang kita terima. Lebih baik teliti daripada menyesal kemudian, bukan?

"Erroneous charges on medical bills are more common than you'd think... Double-check everything."

4. Pergunakan Motto: Hemat Energi Hemat Biaya

Teknologi energi diciptakan untuk melayani manusia, bukan sebaliknya. Namun demikian, kita perlu untuk terus menerus memantau keprimaan perangkat elektronik, air, dan mesin supaya semua teknologi tersebut bisa "melayani" kita dengan prima. Majalah Popular Mechanics mengingatkan bahwa selain membatasi jumlah pemakaian, pemeliharaan alat akan sangat membantu usaha kita untuk berhemat.

"Confirm that your home's water-supply system doesn't have any small, hidden leaks. Turn off all faucets, ice makers, and water softeners, and read the water meter. Don't use any water for two hours, then read the meter again. If the readings don't match, then you've got a leak somewhere. Call a licensed plumber to find and fix the problem."


5. Kreatif [Fokus Pada Keluarga]

Majalah Vogue mencatat penelitian bahwa meski volume penjualan retail berkurang sebanyak 4% sepanjang tahun 2009, pasar lingerie diramalkan akan tetap meningkat. Ini karena banyak keluarga mahfum bahwa dengan terbatasnya anggaran untuk keluar rumah, mereka harus lebih memperhatikan keharmonisan saat bersama keluarga ;).

" As couples stay more at home to save money, more women are tending to invest in adventurous apparel to add spice to their relationships."


Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:







Yuk, gabung?