Nov 3, 2009

Oleh-oleh Dari Axis Jakarta International Java Soulnation Festival 2009





Be Better Than Us!




"Anak muda, jangan kecewa bila kami tak bisa beri contoh bagus. Jadilah lebih baik dari kami. Jadilah orang yang disukai lingkunganmu!" [Dian Manginta, tentang KEPERCAYAAN BAGI ANAK MUDA]






Menghadiri acara Axis Jakarta International Java Soulnation Festival 2009 "One Nation One Rhythm!" menambah wawasanku atas sekelompok anak muda Jakarta masa kini. Maklum, I am far too old from this generation. Seleraku sudah telanjur masuk kategori jadul dan sekarang sudah masuk kategori tembang kenangan.

Di festival ini aku mengamati gaya berpakaian yang santai a la anak muda Jakarta. Banyak perempuan muda memakai shorts tanpa kelihatan seperti bintang porno, kecanggungan, atau terbeban karena takut dinilai jelek. Sebuah statement tentang kejatidiran mereka. I like it, karena memang seharusnya kita menjadi diri sendiri.

Tapi yang paling aku suka adalah melihat mereka tertib mengantri ketika harus memasuki area panggung pertunjukkan. Oh, ya, acara festival ini memang memakai sistem tiket berlapis. Tiket untuk memasuki area festival masih harus ditambah lagi dengan membeli tiket supaya bisa memasuki ruang pertunjukan tempat di mana bisa melihat aksi panggung para musisi.

Dari harga tiketnya yang ratusan ribu rupiah, kita bisa mengerti kelompok anak muda ini datang dari kalangan mana. So what? They can afford the tickets. Tapi adalah lebih penting untuk mengambil pelajaran dari tingkah laku mereka yang terlihat sangat PeDe.

PeDe, Jadi Tertib

Dian Manginta - Percaya Anak MudaMungkin karena mereka dari keluarga mampu? Barangkali. Tapi walaupun kita mungkin gak semampu mereka, bukan berarti kita gak bisa memiliki sikap penuh percaya diri yang mereka tunjukkan, tokh?

Anak-anak muda ini begitu tertib. Mereka santai menikmati suasana di arena festival. Setia ketika mengantri. Sabar menunggu dimulainnya pertunjukkan yang tertunda karena menunggu semua penonton masuk.

Lalu ketika di ruang pertunjukan, mereka pun masih sabar menunggu sampai pertunjukkan dimulai. Acara tak dibuka sampai semua antrian habis berjalan memasuki ruangan.

Mereka pun menikmati acara dengan bebas. Bertepuk tangan menggerakkan tubuhnya di ruang yang menjadi sempit karena pengunjung memenuhi ruang Istora Senayan. Tidak ada kegelisahan, tidak ada rusuh sedikitpun. It was really good. I think I can trust this generation.

Sebagai oleh-oleh, simak saja foto-foto dari acara festival ini yang diabadikan oleh photographer kami, Tika Sugiyanto.

1. Konferensi Pers dengan Arrested Development dari Amerika yang datang membawa pesan perdamaian.
Menurut mereka, dari berbagai negara yang telah mereka kunjungi, Indonesia adalah negara yang menunjukkan kesan perdamaian itu.

2. Suasana festival di luar gedung Istora. Karena pengunjung punya hati PeDe, maka suasana aman tercipta. PeDe membuat kita tahu batas dalam bersikap.



Dan inilah gaya The Ting Tings yang jadi pengisi acara Axis Jakarta International Java Soulnation Festival 2009, pada malam pertama, 30 Oktober 2009:


The Ting Tings - Cantik Selamanya


Kalau ingin mendengar [lagi] The Ting Tings yang sudah diundang di acara Axis Jakarta International Java Soulnation Festival 2009 ini? Tonton aja lewat youtube.com dulu... ;)








*****






Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:






  • As the best of our future is the responsibility of our young ones, so treat them right...Terus, gabung di halaman facebook "Cantik Selamanya", yiuk yaak yiuuuk? ;)
Yuk, gabung?