Nov 26, 2009

"It's Your Dream", dan Bermimpi Adalah Hak Kita

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya




Dian Manginta - Cantik Selamanya




"Hidup cuman sekali. Jangan takut sedih karena gagal - dan jangan buat orang lain jadi takut sedih karena gagal. Hidup dia pun cuman sekali." [Dian Manginta, tentang keberanian bermimpi].





LAGU yang satu ini sangat enak untuk didengar. Lagu dewasa yang menyelipkan cara menghidupkan mimpi:



Nikka Costa: "It's Your Dream"

Looking end tomorrow sets you free from yesterday
Giving up your sorrow is the key to find your way
Living for the moment is the only way to grow
Life is what you make it by now you ought to know

It's your dream so take it
It's your dream go make it all come true
Right now
It isn't very hard to do if you believe in you
It's your right so free it
It's your light so see it to the end
My friend
Cause you're never gonna pass this way again

And if sometime along the way you
stumble and should fall
At least you know inside you you're giving it your all
Don't be ashamed of losing and
you'll find you just might win
Don't be afraid of giving and love might just begin

It's your dream so take it
It's your dream so make it all come true
Right now
It isn't very hard to do if you believe in you
It's your song so sing it
It's your bell so ring it to the end
My friend

Cause you're never gonna pass this way again
No you're never gonna pass this way again


Nikka Costa






Beberapa hari ini lagu yang pernah dinyanyikan oleh Nikka Costa itu terngiang-ngiang di telingaku. Aku memang selalu menyukai lagu itu sejak pertama kali aku mendengarnya long long time ago. It's a very gentle song.

Lagu yang bijaksana, lemah lembut, penuh pengertian dan sekaligus encouraging. Sambil mendengar musiknya, coba perhatikan syairnya.

Buat Hari Ini, Bukan Kemarin

Perhatikan bait pertamanya. "...set you free from yesterday..."

Seringkali sukar bagi kita untuk melepaskan masa lalu kita. Baik itu masa lalu yang indah, ataupun masa lalu yang pahit.

Kalau masa lalu indah dan hidup hari ini terasa sukar, maka rasanya ingin kembali ke masa lalu. Rasanya ingin protes kenapa hari ini sesukar ini!

Bahkan kita mungkin akan mengajukan plea kepada Sang Pencipta dengan memaparkan kebaikan kita [dan kesalahan orang lain kalau ada] sebagai alasan menolak kesulitan yang sedang kita hadapi. "Good God, I am not like that person!" Itu bunyi protesnya.

But.. seperti kata syair dalam lagu "It's Your Dream" itu, we need to set ourselves free from yesterday, kita musti merelakan masa lalu untuk bisa ditinggalkan.

Sebab kita gak bisa tinggal di masa lalu. Ingin hidup di hari kemarin sungguh tak rasional. The past is the past, it's over. Dan seperti kata syair lagu ini pun, "..Living for the moment is the only way to grow.."

Dengan hidup untuk hari ini kita hidup dalam realita. Dalam kenyataan dan itulah caranya untuk terus semakin dewasa. Semakin matang dalam hidup ini. Sebab kenyataannya, kesukaranlah yang membuat hidup kita jadi kaya.

Kita dikatakan berhasil dalam hidup ini apabila telah melalui kesukaran hidup dan mengatasinya. Full stop.

Aku tahu ada yang mau menambahkan "dengan baik", I disagree. Karena gak penting apakah kita berhasil menyelesaikan masalah kita itu dengan baik atau tidak, yang penting adalah kita bisa menerima konsekwensi kehidupan kita dengan realistis dan belajar dari pengalaman itu.

Bermimpi Adalah Hak Kita

I have been there. Yes, that's the great thing about being a senior. Jadi senior membuat kita bisa bilang "aku sudah tahu, sudah pernah mengalaminya." Dan itulah kelebihan orang yang sudah mengalami kedewasaan dalam hidup. We know these things.

Lagu "It's Your Dream" walau dinyanyikan oleh anak kecil [ketika itu] sesungguhnya adalah sebuah nasihat dari orang [yang sudah] tua. Sudah banyak pengalaman. Sudah dewasa. Pengarang lagu itu tahu bahwa apapun yang telah hidup ini lalui tidak mengurangi hak kita untuk meraih impian dalam hidup ini.

Apa pun masalah yang kita hadapi, mau masalah domestik, maupun masalah nasional, bukanlah alasan untuk berharap bahwa mimpi bisa jadi kenyataan. Nyatanya, banyak orang yang telah melihat mimpinya jadi kenyataan. Sebagian dari mereka sudah lama wafat, tak sedikit masih mengalami di kehidupannya sekarang.

...Karena Mimpi = Visi

Apa lagi buat bangsa yang percaya kepada Tuhan seperti bangsa Indonesia. Impian atau lebih tepatnya visi itu kita perlukan agar bisa punya arah dalam hidup ini, demi menjadikannya lebih baik. Tuhan pasti menolong umat-Nya yang mau berusaha, yang percaya ke bahwa Ia peduli. 

Jadi, jalani hidup ini dengan penuh semangat dan tekad untuk menang menghadapi intimidasi permasalah yang datang. Jangan patah semangat. "...Cause you're never gonna pass this way again.." Apakah jalan itu sukar ataupun baik, you will never gonna pass it again. Hidup cuma sekali.

Izinkan Diri Supaya Percaya Saja

Izinkan Diri Jadi Pemenang... Karena yang tak diizinkan jadi pemenang adalah hanya para penjahat.Perhatikan ilustrasi di sebelah, yang menggambarkan seorang penjahat bekerja sebagai peramu tamu di sebuah penginapan. Jika datang kesana, akankah kita membiarkan dia mengangkat barang-barang kita? Rasanya kita tidak akan percaya padanya, ya?

Demikianlah trust atau rasa percaya. Artinya adalah mengizinkan seseorang atau kelompok manusia untuk melakukan sesuatu. Termasuk diri sendiri.

Sekiranya kita tak percaya mimpi itu bisa diwujudkan, maka itu sebetulnya adalah seperti melihat diri sendiri laksana penjahat yang digambarkan di atas. Bila kita tak percaya diri [PeDe] artinya sama saja dengan tak mengizinkan diri sendiri memikirkan dan melakukan untuk meraih sesuatu. Karena sebetulnya, kita tak bisa menyukai diri meraih kebebasan itu lantaran melihat diri sendiri seperti penjahat.

Tidak PeDe adalah ibarat tinggal di dalam penjara. Bagaimana indahnya pemandangan di luar penjara, tetap sulit untuk dinikmati oleh mereka yang tinggal di dalam gedung tahanan.

Bukanlah hal lucu bila suatu saat nanti kita melihat bahwa ternyata di kehidupan ini kita tinggal di suatu "penjara" yang dibangun oleh imajinasi sendiri.

Percaya saja, mimpi adalah hak kita. Izinkan Tuhan menolong kita untuk membuat mimpi jadi kenyataan. 

D-







*****




Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:









  • You only live once, the hurt you may feel is not for forever.  And...why don't you gabung di halaman facebook "Cantik Selamanya"? Yiuuuk yaaak yiuuuk? ;)
Yuk, gabung?







Cover photo: Andry.