Dec 22, 2009

Putri Cilik Miss KidZania 2009

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya




Putri Cilik Miss KidZania 2009




Ketika hadir di Acara Pemilihan "Miss Kidzania" Jakarta 2009, aku punya suatu rahasia. Mau tahu apa itu?





Have you ever been to KidZania? Kalau melihat iklannya di televisi, menarik sekali. Main "pura-puraan", tapi tidak kayak anak zaman dahulu. Canggih, pakai peralatan, gedung, kendaaran, dan lainnya. Persis seperti kegiatan kita orang dewasa sehari-hari, cuma jauh lebih cool.

Kalau teman-temanku bernostalgia ingat masa kanak-kanak, waktu itu kita main pura-puraan dengan peralatan seadanya. Of course, aku gak kepengen anak-anak sekarang masih pakai cara bermain kita dahulu.

KidZania Jakarta, anak-anak percaya diri

Klik di gambar untuk melihat Facebook Page Kidzania-Jakarta


Apalagi topik yang bisa kita mainkan dulu sedikit banget. Paling temanya ibu-ibuan, dokter-dokteran, maling-malingan. Sedikit. What what I really wish, anak-anak kecil sekarang bisa menggunakan sebanyak mungkin belajar sambil bermain: dan KidZania mewujudkannya.

Ke KidZania, Jadi Apa Saja!

Kebetulan, KidZania mengundangku untuk menyaksikan malam final pemilihan Miss KidZania. Hebatnya, acara ini diadakan bekerjasama - antara lain - dengan Yayasan Putri Indonesia. Dari sini saja kita melihat kalau acaranya punya persiapan serius.

[Lihat pengaruh ratu kecantikan sejagad dan para politikus perempuan]

Begitu memasuki area, aku kagum dengan suasana di KidZania. It's a miniature of our real world.

Di KidZania ini, anak-anak belajar tentang bagaimana orang dewasa menjalankan profesinya. Kata Ibu Uchu Riza [City Mayor of KidZania] di KidZania, anak-anak dapat mengembangkan imajinasinya untuk memilih mau jadi apa dia kelak. Well, great! Dulu, umumnya kita cuma disuruh jadi dokter atau insinyur aja. Without any understanding why they must be doctors or engineers [*sigh*].

Kalau melihat canggihnya teknologi kedepan, KidZania layak diacungi jempol karena akan mengajak pria dan perempuan masa depan sedari sekarang berani menguasai kompleksnya dunia mereka kelak. Karena di sana, anak-anak berinteraksi dengan situasi nyata, bukan sebatas rekayasa virtual atau angan-angan.

So, it was amazing. I absolutely like all my own experiences there. Seandainya saja semua anak mendapat kesempatan untuk berada di KidZania.

Aku mengerti bahwa this place is may run with a cost. Karena itu aku pun berharap bahwa KidZania bisa mendapat dukungan dari lebih banyak lembaga besar negara kita agar mereka bisa membangun banyak fasilitas seperti ini di many areas in our beloved country, Indonesia. Dengan harga yang murah sehingga semua anak bisa merasakannya. Because playing is the world of the children.

Rahasiaku: Miss KidZania

Aku harus kasih tahu suatu rahasia [pribadi]: aku sangat suka anak-anak percaya diri. I am their big fan.

Anak-anak percaya diri akan lebih mudah untuk mengerti dunia karena mereka tak takut berinteraksi dengannya. Dan sebetulnya, kita hanya akan bisa mengetahui ukuran luas dunia sejauh keberanian hati untuk melihatnya. The world will be as vast as you wish to be.

Bila anak-anak punya kepercayaan diri lebih tinggi, itu sama saja artinya mereka akan lebih mudah menyerap dan membagikan segala pelajaran kehidupan mereka bagi yang lain. Merekalah yang nanti akan sangat memperkaya kehidupan kita.

Itu sebabnya aku sangat kagum dengan rancangan acara Miss Kidzania Jakarta 2009. Acara yang barangkali dianggap orang mengagungkan hal yang serba indah, sepatutnya kita pahami akan lebih melengkapi bekal anak menghadapi masa depan.

Di dunia nyata, kita tak hanya berhadapan dengan tuntutan berjibaku dengan hal rasional tapi perlu cerdik mengolah emosi. Tak hanya cakap dan gesit namun juga luwes. Kita harus bisa secara luas menginteprestasikan kebutuhan dunia dalam tingkah laku, pikiran, dan perasaan.

Pandang saja misalnya, masalah diskriminasi yang tak jarang harus dihadapi perempuan dan laki-laki dewasa. Jika seseorang tumbuh tanpa kecakapan melihat manusia lain secara utuh - secara emosi dan rasional - maka niscaya ia akan jadi menjadi orang yang prejudical, mudah menarik prasangka buruk.

Miss KidZania 2009 Dhiya Nadira

Penyerahan Mahkota oleh Putri Indonesia Lingkungan 2009, Zukhriatul Hafizah

[Photo: KidZania]


[Lihat temuan iptek tentang tingkah laku diskriminasi manusia]

Keluwesan bersikap yang diajarkan dalam acara Miss KidZania melengkapkan kebutuhan anak menjadi pribadi tangguh kelak.

Salut kepada seluruh anak, para finalis, yang mampu memberikan jawaban-jawaban khas pribadi mereka masing-masing saat malam penobatan Miss KidZania 2009 berlangsung. Dan rasa salutku itu sebetulnya adalah juga rasa syukur, karena yakin bahwa anak-anak ini nanti bisa membuat bangsa kita kian besar, makmur, disegani seluruh dunia.

Thank you, God.


Cantik Selamanya's notes



*****


Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:







Yuk, gabung?






Cover/ID photo: Koleksi pribadi