Dec 13, 2009

10 Situs Terbaik 2009 Versi "Cantik Selamanya"

Good Quality and Original Article - Dian Manginta - Cantik Selamanya




Inovasi-Berpikir Kreatif




Inovasi adalah upaya melakukan segala sesuatu dengan lebih baik. Dan cara termudah melakukan hal itu adalah melalui hal-hal yang paling kita kuasai.





"To live and learn", itu motto Cantik Selamanya. Setiap artikel di Cantik Selamanya, dilengkapi dengan hyperlink ke situs sumber informasi untuk membantu para pembaca tercinta mengerti sepenuhnya tentang topik yang sedang dibahas.

Di bawah ini adalah daftar 10 situs yang paling sering menjadi referensi Cantik Selamanya, sebagai sumber informasi maupun referensi. Mau tahu?

 



Google

Semua orang yang menggunakan internet rasanya akan menggunakan google. Tidak hanya untuk search engine, namun banyak fasilitas gratis lainnya. Seperti gmail, blogspot [cikal bakal Cantik Selamanya], Google Books, dan Picasa [tempat di mana semua photo blog Cantik Selamanya disimpan], dan banyak lainnya.
Artikel Cantik Selamanya yang menggunakan google sebagai narsumber: Artikel "Google Trends: Di Jakarta" merupakan salah satu tulisan yang paling banyak dibaca di Cantik Selamanya.

 

 

Youtube

Youtube bagiku adalah situs pencari video music paling lengkap dan nyaman untuk dipergunakan. Rasanya, tak ada musik top yang tak tersimpan di "anak" situs google ini. Sebelum menulis tentang musik, aku selalu mencari clip referensi di sana.

Tapi Youtube bisa membuat kita bisa melihat kota, dunia, dari video yang diunggah oleh masyarakat dunia. Lihat video Kota Yokohama, yang muncul di artikel "Kota Nyaman, Sejahtera, Bebas Korupsi [Dunia]".

 

 


Wikipedia

Bila mencari sesuatu, maka hasil dari Wikipedia hampir selalu berada di urutan teratas. Wikipedia memang pilihan terbaik untuk mencari suatu topik yang diolah dengan referensi lengkap, dan disajikan gratis. Hasil riset pun menunjukkan bahwa catatan Wikipedia punya kualitas prima seperti layaknya ensiklopedi berbayar.

Aku pun pernah memperkenalkan Wikipedia dalam suatu artikel khusus, "Kenalan Dengan Wikipedia - Kembangkan Wawasan Kita".

 

 


Facebook

Layout-nya enak dipandang, dilengkapi dengan banyak fasilitas teratur di sana, seperti facebook page. Dengan anggota yang lebih dari 320 juta orang di dunia, facebook membuat kita bisa mencari banyak sekali teman lama.

Gerakan sosial pun semakin mudah dilakukan. Cantik Selamanya juga pernah membuat "cause" Awasi Pelaksanaan Pemilu di facebook [lihat artikelnya di sini].

 

 


Time

Time punya kekuatan dalam analisis yang mendalam. Selalu ada perspektif lain yang tidak umum yang diungkap oleh e-zine ini. Sebagai salah satu majalah terkuat di Amerika, aku menyebut liputan di majalah Time, simply the best [tentu setelah Cantik Selamanya :)]. Mau lihat contoh apresiasi Cantik Selamanya untuk majalah Time? Lihat artikel "Bisakah Festival Film Indonesia [FII] Selamatkan Kita?".

 

 


Kompas

Seperti keluarga lainnya, ayahku sudah berlangganan koran Kompas sejak puluhan tahun lalu. Dan selama itu, Kompas selalu menjadi tulis terkuat di Indonesia.

Wikipedia mengabadikan fakta kalau Kompas pernah berekspansi ke dunia televisi dengan membangun TV7, namun sekarang nampaknya media ini berkosentrasi di media tulisan. Tak terlalu berlebihan bila kita akan menilik lebih dahulu apa yang Kompas katakan untuk mengetahui pendapat paling mendalam yang dimiliki oleh publik kebanyakan.

Lihat tulisanku "klasik"ku yang bereferensi artikel di Kompas, "Kelembutan Melawan Kekerasan [Rihanna]".

 

 


Detik

Kekuatan detik dot com adalah kecepatan liputannya. Namun Cantik Selamanya juga suka memperhatikan reaksi pembaca di sana untuk melihat bagaimana kira-kira pandangan masyarakat tentang suatu topik isu.

Di artikel "Tsunami Kecil di Tangerang", aku menunjukkan bahwa detik.com memang sumber informasi kita anggap sebagai tercepat.

 

 


KPK

Adalah berlebihan bila melihat situs KPK punya kualitas umum paling prima. Namun kehadiran fungsi lembaga ini sangat dirindukan semua orang - di dalam maupun luar negeri - untuk membuat segala potensi Indonesia menjadi nyata bagi kesejahteraan rakyatnya. To make the better Indonesia.

Lihat artikel "Kasus Bibit-Chandra, Apa Kata Dunia? [Legal]", untuk melihat bagaimana kiprak KPK sangat ditunggu hasilnya oleh seluruh kalangan dalam dan luar negeri. Sementara itu, kita bisa sering-sering berkunjung ke situs KPK.

 

 


Yahoo

Ada satu rahasia: kalau ingin mencari suatu informasi, kadang aku lebih menyukai menggunakan situs YAHOO dibanding google.

Ini karena perkenalanku dengan YAHOO sudah dimulai dari pertengahan 1990-an. Dan display situs yahoo di samping, berasal dari tahun 1996. Ingin melihat rupanya? Bisa saja melalui situs web.archieve.org.

 

 


Oprah

Salah satu yang paling aku suka dari Oprah adalah kedalaman riset yang timnya lakukan sebelum menuangkan suatu tayangan. Lewat tayangan di televisi, thanks to Metro TV, she inspires many of us. Dan kalau terlambat melihat acaranya di TV, Oprah.com bisa jadi pelipur lara yang paling ampuh, sembari menikmati kedalaman riset liputannya.









*****






Download wallpaper Gratis
Unduh cover image di atas sebagai gambar wallpaper HP, laptop, maupun PC Anda lewat sini.







*****






Perlu dibaca juga di Cantik Selamanya:







Yuk, gabung?






Cover/ID photo: Dian Manginta [Pribadi]